Universitas Hasanuddin Gandeng Utem Malaysia

Dok Untem Malaysia.

Dok Untem Malaysia.

MAKASSAR - Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan Universiti Teknikal Malaysia Melaka (Utem) Malaysia.

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dilakukan di Kampus Unhas, kemarin. Vice Conssellor Utem Malaysia Datuk DR Ahmad Yusoff bin Hassan mengatakan, Utem baru berusia 10 tahun dan fokus pada perkembangan teknik dan ICT. Kampus ini merupakan universitas ke- 14 yang dinaungi Pemerintah Malaysia. Hingga Desember 2009, Utem memiliki sekitar 6.238 mahasiswa dan 712 staf.

“Karena usia kami yang muda ini, perlengkapan dan alat yang digunakan juga baru,tapi lengkap,” katanya. Selain menjalin kerja sama dengan FT Unhas, Utem juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi (PT) negara lain, seperti Jerman, Inggris, Jepang, Australia.

Dekan Fakultas Teknik Unhas beserta beberapa Ketua Jurusan Teknik juga hadir menjelaskan tentang perkembangan fakultas dan kemungkinan kerja sama lain dengan Utem. Dekan Teknik Unhas Prof Wahyu Piara memaparkan kerja sama FT Unhas dengan beberapa negara lainnya.Menurutnya, hingga saat ini kerja sama FT Unhas lebih dominan dengan Jepang.Tetapi, untuk beberapa jurusan, FT Unhas juga bekerja sama dengan perguruan tinggi Malaysia lainnya.

“Salah satunya program studi planologi yang digandeng Universitas Teknik Malaysia (UTM). Mudah-mudahan dengan hadirnya Utem, kami bisa bekerja sama dalam lingkup pengembangan yang lain, seperti ICT,” tandasnya.

Klausul MoU berisikan tentang pertukaran pelajar dan staf (dosen) dalam bentuk kursus yang berkaitan dengan penyelesaian seputar teknik,teknologi informasi,dan ilmu komputer. (andi amriani)
(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Komentar
0 komentardisclaimer

Baca Juga

Jelang Ramadan, Geng Motor di Sukabumi Akan Diberantas

Jelang Ramadan, Geng Motor di Sukabumi Akan Diberantas