Pos TNI di Papua Ditembaki, TNI Pilih Bertahan

JAYAPURA - Suasana di Kawasan Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, kembali memanas. Pos pengamanan TNI di daerah ini tiba-tiba ditembaki kelompok tidak dikenal dari arah gunung Kimibaga, gunung yang menghimpit Kawasan Mulia, ibukota kabupaten Puncak Jaya.

Kepala Penerangan Kodam 17 Cenderawasih, Letkol inf Susilo membenarkan peristiwa tersebut. Menurut Susilo, penembakan itu terjadi selama empat kali dari arah gunung Kimibaga.

Penembakan ini, lanjutnya, sengaja dilakukan sekelompok orang bersenjata dari gunung Kimibaga ke pos penjagaan TNI. Namun, karna jarak tembak dari arah gunung ke pos sekira 1 sampai 2 kilo, pasukan yang berjaga hanya bertahan dan tidak melakukan perlawan.

"Jarak tembak itu kan maksimalnya 500 meter jadi kalau penembakan itu dilakukan dari arah 1 sampai 2 kilo, itu sangat kecil kemungkinan untuk kena," katanya.

Soal rumor yang berkembang bahwa tembakan itu diarahkan ke pesawat, Susilo membantahnya. "Mungkin ini hanya kebetulan, karena tembakan terdengar bersamaan dengan pesawat yang hendak mendarat. Kalau dari pengamatan kami tembakan ini, diarahkan ke pos TNI," jelasnya.

Hingga kini, akunya, TNI masih memilih bertahan dan belum melakukan tindakan pengejaran terhadap pelaku penembakan.
(ded)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Komentar
0 komentardisclaimer

Baca Juga