Image

Tiang Penyangga Lantai Beton Stadion Terbuat dari Bambu

KARAWANG Penyebab rubuhnya tribun stadionSingaperbangsa Karawang dua hari lalu (Senin, 19/3/2007) masih menimbulkanpertanyaan bagi semua pihak. Mulai dari faktor alam sampai dengan munculnyadugaan kesalahan teknis kontruksi bangunan stadion juga mulai mencuat kepermukaan.

Akan tetapi hasil dari peninjauansecara langsung oleh anggota komisi C DPRD Karawang, Karda Wiaranta, menemukan adanya pemakaian bambu untukdijadikan penahan lantai beton tribun tribun setinggi 10 meter itu.

Penggunaan bambu sebagai penahan sementara tribun itu, menurut Karda tidakseimbang dengan berat beton tribun yang panjangnya 94 meter itu. "Secarakasat mata kita bisa menyaksikan penahan dari tribun beton itu menggunakanbambu," jelas Karda kepada wartawan, Selasa (20/3/2007).

Walaupun belum menarik kesimpulanakhir mengenai kasus rubuhnya stadion itu, Karda menilai adanya kejanggalandalam pembangunan stadion itu. Yakni, penggunaan bambu sebagi penahan. Seharusnya,dengan kapasitas berat beton tribun tersebut, seharusnya tiang penahanmenggunakan kerangka besi.

"Masa ada proyek senilai Rp 24miliar menggunagakan bambu, seharusnyakan memakai kerangka besi," ujar Karda.

DPRD Karawang, lanjut Karda merencanakanakan melakukan pemanggilan terhadap dinas terkait, termasuk dari pihak kontraktor dari PT NiagaraAsri Karyatama (NAK) perihal rubuhnya tribun stadion Singaperbangsa itu.

Dalam pekan ini juga Komisi C DPRDKarawang akan meminta rincian pembangunan stadion tersebut termasuk detailteknisnya. "Kami akan meminta keterangan mengenai spesifikasi bangunannyaapakah sudah memenuhi atau tidak," jelas Karda.

Dari segi hukum, Karda memintaaparat hukum untuk segera mengusut kasus tersebut. Menurutnya, bisa saja adapenyelewengan sehingga ada ketidak sesuaian dengan ketidaksesuaian spesifikasi teknis dari perencanaan.

"Aparat hukum harus bertindak,harus diketahui mengenai penyebab dari robohnya tribun itu," tegas Kardayang juga menguatkan pernyataan Wakil Ketua DPRD Husni Tamrin. (asnilbambani/SINDO/adi)

()
Berita Rekomendasi
Live Streaming
Logo
breaking news x