Cilacap Banjir, Transportasi Pakai Perahu

Kamis, 08 November 2007 12:19 wib | Saladin Ayyubi - Global

CILACAP - Akibat hujan deras empat hari berturut-turut yang mengguyur Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, sejumlah daerah di kabupaten ini dilanda banjir.

Dari pantauan, Kamis (8/11/2007), banjir yang sudah menggenangi beberapa rumah juga mengakibatkan sejumlah ruas jalan terputus. Akibatnya, warga terpaksa menggunakan perahu untuk arus transportasi.

Banjir terparah saat ini terjadi di Kecamatan Nusa Wungu, Cilacap Timur. Daerah ini memang dikenal sebagai daerah langganan banjir. Beberapa ruas jalan tampak sudah tergenangi air setinggi hingga setengah meter. Hal ini mengakibatkan arus transportasi di beberapa desa di Kecamatan Nusawungu terhambat. Warga terpaksa menggunakan perahu untuk menjalankan aktivitas.

Kusrinadi (45), salah seorang warga mengatakan, dirinya sudah menyediakan perahu sebelumnya karena sudah menduga banjir tahunan ini akan segera datang. Namun demikian, warga berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap memberi perhatian kepada Kecamatan Nusawungu agar terhindar dari banjir.

Selain merendam sejumlah jalan, banjir juga sudah memasuki rumah warga. Warga terpaksa menguras air dengan tenaga seadanya, agara air mengalir keluar. Beberapa barang-barang milik warga juga sudah diletakkan pada tempat yang lebih tinggi.

Tak ketinggalan, sepasang bayi kembar pun harus diletakkan di atas kasur bambu agar tidak terkena banjir. Banjir juga mengakibatkan satu rumah warga rusak cukup parah.

Diperkirakan banjir di Nusawungu ini akan terus meluas dan membesar. Pasalnya, banjir kali ini baru merupakan banjir awal di musim penghujan. Warga diminta lebih waspada jika banjir susulan datang lebih besar lagi. (Saladin Ayyubi/Global/jri)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »