Universitas Prof Dr Moestopo (B) Jakarta

Universitas Prof Dr Moestopo (B) Jakarta
Yayasan Universitas Prof Dr Moestopo tak lepas dari pendirinya yaitu almarhum Bpk. Mayjen TNI (Purn) Prof Dr Moestopo beserta Ibu RA Soepartin Moestopo, yang merintis mulai dari Kursus Tukang Gigi "Dr Moestopo" yang sekarang berkembang menjadi Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) dengan mengelola empat Fakultas dan satu Program Pasca Sarjana beserta Koordinatorat Lembaga-lembaga Pengabdian Yayasan Universitas Prof Dr Moetopo kepada Pemerintah RI lengkap dengan sarana dan prasaranan pendukungnya.

Pada tanggal 17 Desember 1974 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) statusnya disamakan dengan Negeri oleh Mendikbud dengan SK No. 0279/U/1974. Tahun 1989 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menyusul statusnya disamakan. Tahun 1992 Fakultas Ilmu Ekonomi (FE) menyusul pula dengan status disamakan, dan akhirnya tahun 1993 Fakultas Ilmu Komunkasi (FIKOM) status disamakan pula. Dengan demikian keempat Fakultas di UPDM (B) sudah disamakan statusnya setingkat dengan Perguruan Tinggi Negeri.

Dalam untuk terus mengembangkan diri sesuai dengan visi dan misinya sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tinggi, UPDM (B) telah membuka program baru yang merupakan program studi lanjutan dari Program Sarjana Srata Satu (S1) yakni : Program Pasca Sarjana Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), yang disingkat PPS - UPDM (B), dengan Program Magister Manajemen dan Magister Ilmu Administrasi. FKG setelah Statusnya disamakan pada tahun 1974, tahun-tahun selanjutnya mengalami perkembangan pesat.

Dengan Status disamakan menyebabkan animo yang meningkat dari para lulusan SLTA untuk menempuh pendidikan di FKG UPDM (B). Sehubungan dengan kenyataan tersebut, kemudian diupayakan peningkatan fasilitas belajar mengajar antara lain dengan dibangunnya klinik gigi yang baru dan dilengkapi bangunan gedung-gedung Gudang Garam, Merah Putih. Harapan untuk sarana perkuliahan di kampus Hang Lekir yang mulai digunakan sejak tahun 1977. Disamping itu, untuk menunjang pengembangan ilmu dan profesi kedokteran gigi maka dikembangkan Pendidikan Berkelanjutan Ilmu Kedokteran Gigi (FBIKG) bagi para dokter gigi untuk untuk memberikan pendidikan dan pelatihan lebih lanjut sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.

PBIKG ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari Pendidikan Purna sarjana (Post Graduate Study) yang dirintis oleh alm. Prof. Dr. Moestopo pada tahun 1974 yang kemudian setelah berbagai perkembangan selanjutnya pada tahun 1990 menjadi PBIKG dibawah FKG UPDM (B). Bagi masa mendatang untuk menunjang pengembangan FKG, saat ini telah dibangun Kampus III di Bintaro yang direncanakan digunakan untuk menampung kebutuhan kegiatan perkuliahan, praktikum, klinik gigi, dan administrasi, yang dirasakan semakin meningkat.

Perkembangan selanjutnya tahun 1996 FISIP dengan Jurusan/ Program Studi Ilmu Administrasi negara membuka program studi Ilmu Administrasi Niaga dan jurusan Ilmu Hubungan Internasional dengan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional. Tahun yang sama pula Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Manajemen, Program Studi Manajemen Perusahaan membuka jurusan baru yaitu Jurusan Akuntansi dengan Program Studi Akuntansi.

Kampus II di Bintaro yang terletak di Jl. RC. Veteran Bintaro digunakan Fakultas Ekonomi untuk kelas pagi dan kelas sore. Kampus II ini dilengkapi dengan Laboratorium Komputer, Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Matematika dan perpustakaan serta FIKOM mempunyai Laboratorium Siaran Radio dan Photografi. FIKOM mengembangkan kegiatannya melalui program studi Ilmu Komunikasi yang dikonsentrasikan dalam Bidang Keilmuan, yakni Public Relations (PR), Jurnalistik dan Periklanan dimana mahasiswa FIKOM dilatih menjadi ahli Komunikasi yang terampil sesuai konsentrasi ilmunya.

Semua Fakultas yang ada dalam wadah UPDM (B) telah menyesuaikan kurikulum nasional yang padat dengan muatan lokal dengan kebutuhan lapangan kerja yang tepat guna dalam menghadapi globalisasi Industri, Ekonomi dan lain-lain dalam era pembangunan Indonesia. Terhitung mulai tanggal 18 Agustus 1998 dengan surat keputusan Badan Akreditasi Indonesia Nomor : 001/BAN-PT/AK-I/VIII/1998. Tanggal 11 Agustus 1998 semua Program Studi di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) telah terakreditasi, dan berdasarkan SK BAN-PT Depdiknas RI No. 023/BAN-PT/AK-I/XI/2000, tanggal 14 September 2000 Program Studi Ilmu Hubungan Internasional mendapat akreditasi dengan nilai B.

KAMPUS I
Jl. Hang Lekir I/8 - Jakarta Pusat 10270

KAMPUS II
Jl. Bintaro Permai - Jakarta Selatan

Rektorat
Telp : +62 021 7220269
Email : admin@moestopo.ac.id

Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Telp. : +62 021 7261474
Email : fisip@moestopo.ac.id

Fakultas Ekonomi
Telp. : +62 021 7246523
Email : fe@moestopo.ac.id

Fakultas Ilmu Komunikasi
Telp. : +62 021 7261433
Email : fik@moestopo.ac.id

Fakultas Kedokteran Gigi
Telp. : +62 021 73885254
Email : fkg@moestopo.ac.id

Program Pascasarjana
Telp. : +62 021 7399953
Email : pps@moestopo.ac.id
(mbs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    • , : WIB

    Baca Juga

    Pilot & Kopilot Pesawat Beechcraft Masih Ditahan