Pemilu 2009 Diusulkan Tetap 29 Dapil

JAKARTA - Daerah pemilihan (dapil) pada pemilu tahun 2009 mendatang disarankan tetap berjumlah 69 dapil. Seiring hal tersebut, jumlah kursi yang ditetapkan di setiap dapil pun tidak terlalu kecil karena akan menambah jumlah dapil.

"Kalau saya melihat dari sisi daerah pemilihan, saya minta supaya dipertahankan jumlah 69 dapil, kalau 3 sampai 12 atau 3 sampai 15. semakin kecil alokasi kursi maka semakin banyak dapil, sehingga akan meningkatkan surat suara yang harus dicetak," kata mantan anggota KPU, Valina Singka usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Selasa, (11/12/2007Soal jumlah pemilih di setiap TPS, Valina menyarankan kepada wapres agar tidak mutlak 1.000 orang pemilih tiap TPS, tapi dibuat fleksibel di setiap daerah.

"Saya setuju tiap TPS ditingkatkan jumlahnya, tetapi harus dilihat dari wilayah geografisnya, tidak pukul rata 1 TPS 1.000 orang, bisa 300 atau 400," ungkapnya.

Selain kedua saran yang disampaikan langsung kepada wapres tersebut, Valina menambahkan untuk penghematan anggaran sebaiknya kertas suara untuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tidak perlu memakai foto, "Cukup ditulis pakai pensil saja" ucapnya.

(sjn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kampus dengan Biaya Hidup Termurah di UK (1)