Raker PDIP Tangerang Ricuh, Ribka Tjiptaning Diseret

|

TANGERANG - Rapat Kerja Nasional Cabang Khusus (Raker Cabsus) pertama PDI Perjuangan (PDIP) kota Tangerang berlangsung rusuh. Wakil Ketua DPD yang juga anggota komisi IX  DPR RI Ribka Tjiptaning nyaris diamuk peserta.

Kejadian itu terjadi sekira pukul 12.45 WIB di Gedung Jiwasraya, Jalan Perintis Kemrdekaan, Tangerang, Rabu (16/1/2008).

Insiden itu bermula saat sekretaris DPC PDIP kota Tangerang Mat Rais Galing membacakan hasil rapat pleno DPC. Isinya yang menyebutkan, Amad Fatahillah sebagai calon tunggal dari internal untuk menduduki kursi Ketua DPC PDIP Kota Tangerang.

Mendengar hal tersebut, Ribka yang duduk di belakang tiba-tiba maju berniat untuk melakukan interupsi kepada pimpinan sidang yang bernama Ahmad Maulana. Namun  belum keluar maksud dan tujuan dari mulutnya,tiba-tiba peserta berteriak dan menyuruh Ribka keluar dari sidang.

Kekeuh tidak ingin keluar, Ribka langsung didorong, diseret, dan nyaris dipukul. Namun dia beruntung karena  dilindungi oleh salah satu pengurus PAC Karang Tengah , Tito Sitanggang.

Aksi  tersbut terus diwarnai teriakan antar-peserta dan juga aksi saling dorong hingga terjatuh. Beberapa peserta ada yang setuju Ribka tak keluar dari ruangan namun ada pula yang ingin wanita itu keluar dari arena sidang.

Menurut, Yulistiani dari Departemen Kesra DPP PDIP, Ribka adalah wakil ketua DPD dan dia berhak melakukan peninjauan sidang. Soal interuspi tersebut dilakukan Ribka karena ia juga ingin memberikan pencerahan kepada rekan-rekan peserta agar dimungkinkan tidak ada calon tunggal.

Kondisi saat ini masih panas dan tegang, wartawan pun tidak diperbolehkan meliput. Sejak pagi sebelum sidang berbagai aksi demonstrasi juga sudah banyak terjadi, diantaranya demo dari ranting-ranting  PAC Karawaci.

Mereka menganggap bahwa Raker Cabsus ini adala cacat hukum. Karena di dalamnya terdapat perwakilan Pimpinan Anak Cabanga (PAC) Karawaci, padahal PAC Karawaci itu belum terbentuk. Ia pun menuntut agar diadakan musyawarah anak cabang kembali.

"Dan jika sekarang ada PAC Karawaci itu hanya akal-akalan dari DPD PDIP kota Tangerang. Raker Cabsus ini cacat hukum, dan kami minta dilakukan musyawarah anak cabang kembali" ujar  ketua ranting Pabuaran, Ahmad Zein.   Dalam aksinya, mereka melakukan penempelan poster di depan Gedung Jiwasraya.(lut)

 

(fit)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Djarot Bisa Kalahkan Popularitas Ahok