KPU Minta Renumerasi Gaji

|

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kesekretariatan meminta renumerasi uang kehormatan bagi kelompok atau tim kerja petugas KPU. Alasannya uang kehormatan untuk pemilu 2008 tetap, sementara honorarium bagi penyelenggara justru turun dibanding pemilu 2004 lalu.

"Kita minta ada renumerasi kembali. Masalahnya beban kerja KPU saat ini lebih besar daripada tahun lalu," kata Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary kepada wartawan usai RDP dengan Komisi II di DPR, Senin (21/1/2001).

Berdasar Undang-Undang 22 tahun 2007, beban KPU memang bertambah. Bahkan semula anggota KPU dari 11 anggota dimampatkan menjadi tujuh anggota. Demikian pula untuk  biro, dari 10 biro menjadi tujuh biro. Sehingga beban yang harusnya dipikul oleh jumlah anggota yang banyak, semakin bertambah dengan sedikitnya jumlah personel.

"Dalam kesempatan ini, saya mohon persetujuan anggota Komisi II yang terhormat adanya tunjangan khusus yang memadai untuk penyelenggaraan pemilu 2009. Khususnya untuk 2008-2009," ujar Hafiz

Sekretaris jenderal KPU, Suripto Bambang Setyadi mengatakan, anggaran KPU yang disetujui oleh Menkeu berkurang dari rencana anggaran yang diajukan oleh KPU. Sehingga ada pengurangan uang honorarium bagi petugas di KPU. Padahal, beban yang dipukul oleh petugas di KPU baik di pusat maupun daerah semakin bertambah, sehingga perlu adanya

renumerasi honorarium dan uang kehormatan bagi petugas KPU dan kesekretaritan.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi II DPR Andi Yuliani Paris kepada wartawan mengatakan sebaiknya KPU tidak terlalu fokus dengan masalah renumerasi gaji. KPU, tegas dia lebih baik fokus pada penyelenggaraan pemilu yang lebih baik.

"Untuk gaji tidak ada masalah, karena disesuiakan dengan standar PNS, kalau beban lebih banyak ya memang itu sudah menjadi tugas KPU," kata Andi.

Jika memang beban bertambah, tegas dia, tidak harus dengan menaikkan gaji dan uang honorarium. Lebih baik KPU mencari tenaga out sourcing untuk membantu memperingan kerja patugas KPU.

"Karena tidak jaminan dengan penambahan honorarium petugas di KPU bisa menyelesaikan tugas. Lebih baik cari tenaga baru agar beban kerja lebih ringan," ujar dia. 

(fit)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    All New Honda NSX Bakal Ditunjukkan di Detroit Motor Show