Inilah Kronologis Tenggelamnya Panser Amphibi di Situbondo

Minggu, 03 Februari 2008 18:21 wib | Siswanto - Okezone

JAKARTA - Panser Amphibi BTR-50P buatan Rusia tahun 1962 tenggelam ketika digunakan dalam latihan perang Armada Jaya 2008. Enam orang tewas dan satu lainnya masih hilang.

Inilah kronologi musibah tersebut berdasarkan keterangan dari Kadispen TNI AL Iskandar Sitompul dalam jumpa pers di Wisma TNI AL, Jalan Diponegoro 48, Jakarta, Minggu (3/2/2008).

Musibah tersebut terjadi ketika dalam latihan perang yang melibatkan 26 KRI dari berbagai jenis, kemudian sembilan pesawat udara dan pasukan marinir berjumlah 3.756 prajurit di Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur.

Saat itu Panser Amphibi yang mengalami musibah diluncurkan dari daerah serbuan Amphibi oleh KRI Teluk Kau 504 pada posisi 07' 41' 4'' S-114' 13' 42'' LT pukul 04.30 WIB. Saat mendekati pendaratan kurang lebih 400 meter, Panser Amphibi tergulung ombak.

"Hal tersebut mengakibatkan stabilitas panser terganggu," kata Iskandar.

Saat itu, Komandan Panser Amphibi Sertu Marinir Mujirin, memerintahkan untuk membuka pintu untuk prosedur escape (penyelamatan diri). Kemudian sembilan personel berhasil menyelamatkan diri. Tapi sayang satu orang tersangkut di pintu yang membuat enam orang lainnya tertahan di dalam.

"Akibatnya ketujuh pasukan tersebut tenggelam bersama Panser Amphibi di kedalaman 25 meter," beber Iskandar. (ahm)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »