Tim DPR Tetapkan Lumpur Lapindo Akibat Alam

|

JAKARTA - Tim Pengawas Penanganan Dampak Semburan Lumpur Lapindo DPR menetapkan, bahwa kejadian lumpur Lapindo adalah akibat peristiwa alam bukan karena human error yang selama ini diketahui, yaitu pengeboran yang dilakukan Lapindo Brantas Inc.

"Awal-awal kita menduga kejadian itu karena ulah manusia. Tapi setelah melakukan pengkajian dan berkonsultasi dengan para ahli ternyata kejadian itu akibat alam," kata anggota Tim Pengawas Penanganan Dampak Semburan Lumpur Lapindo DPR, Agusman Effendi kepada okezone melalui telepon di Jakarta, Senin (18/2/2008).

Ia mengatakan, para ahli mengatakan semburan lumpur di Sidoarjo bukanlah diakibatkan pengeboran Lapindo yang tidak menggunakan casing.

"Kata ahli biologi, sekalipun tidak ada pengeboran. Lumpur panas itu akan tetap keluar. Kalau saya kan bukan ahli," terangnya.

Menurut para ahli, peristiwa lumpur di Sidoarjo ini terkait dengan beberapa patahan lapisan bumi yang memunculkan gunung api lumpur atau mud volcano.

Rencananya, hasil temuan tim pengawas Penanganan Dampak Semburan Lumpur Lapindo DPR ini akan disampaikan hari Selasa (19/2) di depan Paripurna DPR.

(uky)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jokowi Minta Penahanan Arsyad Ditangguhkan