Ih Serem! Pameran Lukisan di Kuburan

|

JAKARTA - Apa jadinya kalau pameran lukisan digelar di area pekuburan. Itulah yang dilakukan seniman Yogyakarta, Iskandar. Sebanyak 20 lukisan dipamerkan di "Galeri Kuburan" milik warga.

Lukisan karya Iskandar itu dipajang di area Tempat Pemakaman Umum (TPU) Asem Keceme, Caturharjo, Sleman, DIY. Minggu (9/3/2008) merupakan hari terakhir bagi pengunjung untuk menikmati lukisan-lukisan sejak Sabtu (8/3) pagi.

Mengambil tema "Eling Pati Bakal Ngati-Ngati", Iskandar mencoba mengkritik masyarakat Inodnesia untuk mengingat mereka yang sudah pergi lebih dulu alias meninggal. Maka itu, dia juga menyentil manusia untuk ingat kepada kematian.

"Mereka para leluhur itu sudah tidak bisa apa-apa toh! Bisanya hanya dimintakan ampun kepada Allah, tapi yang mintakan ampun adalah yang masih hidup," beber Iskandar kepada okezone.

Galeri unik yang diambil Iskandar menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Buktinya, anggota DPR dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo pun bersedia untuk membuka perhelatan ini. Sebagian besar pengunjung yang melihat-lihat di malam hari pun tidak merasa ketakutan. Sebab, area itu sudah disulap menjadi galeri dengan penerangan beberapa lampu.

"Alhamdulillah, respons masyarakat cukup bagus. Banyak orang-orang tua yang berkunjung. Mereka tidak takut, soalnya banyak lampu di sini," singkat seniman yang berprofesi sebagai manajer keuangan di perusahaan swasta itu.

Koleksi lukisan yang dipamerkan ini termasuk karya-karya terbaru dari Iskandar. Koleksi terlama yang terlihat hanya buatan tahun 2006. Tema lukisan sebagian besar mengambil tema pewayangan yang menggambarkan berbagai hal.

Penokohan wayang yang digambarkan pada rata-rata setiap lukisan antara mengambil tema kekisruhan, satria wayang dari Jawa dan Bali. Ada juga aksi wayang yang menggambarkan perang Irak, yang dilukiskan Hanoman dan tentara Amerika Serikat. Masalah lingkungan juga digoreskan dalam beberapa lukisan Iskandar.

(ism)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    IKJ Gelar Festival Film Internasional