Mensos Tak Halangi Eks Timtim Balik Kandang

Jum'at, 04 April 2008 21:08 wib | Sigit Zulmunir - Trijaya

GARUT - Pemerintah tidak akan menghalangi ribuan eks pengungsi Timtim untuk kembali ke Timtim, menyusul pengrusakan kantor Dinsos dan fasilitas negara di Kabupaten Belu NTT beberapa waktu lalu.

"Kalau mereka minta pulang ke Timor Leste, akan kita pulangkan. Masyarakat Indonesia punya budaya yang baik. Dia punya tata tertib dan kesopanan dan tidak bersikap seperti mereka," ujar Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah usai memberikan ceramah keagamaan pada di Pondok Pesantren Attaufiq Lillah, Kampung Cimencek, Samarang, Garut, Jumat (4/4/2008).

Selain itu menurut Mensos, pemerintah juga tidak akan memberikan keistimewaan bagi para eks pengungsi Timtim. Status mereka sama seperti masyarakat Indonesia lainnya.

"Status mereka sama. Masyarakat Indonesia yang harus menaati peraturan dan undang-undang yang berlaku," tegasnya.

Maka itu, dengan persamaan tersebut, Bachtiar pun telah meminta kepada Kapolda NTT untuk bertindak tegas agar hukum dapat ditegakkan.

Sementara itu, saat disinggung aksi unjuk rasa eks pengungsi Timtim yang menuntu transparansi dana miliaran rupiah yang dialokasikan sebagai dana bantuan untuk penanganan eks pengungsi, Bachtiar mengaku tidak ada masalah.

Karena, dana bantuan tersebut telah tertampung pada tahun 2005 lalu. Dan program yang akan pemerintah luncurkan bagi mereka yakni program penanggulangan kemiskinan.

"Dana yang kita alokasikan telah dikucurkan. Dan semua eks pengungsi Timtim pun telah menerimanya pada waktu itu," sanggahnya. (hri) (Sigit Zulmunir/Trijaya/fit)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »