Penemuan Benda Antik Gemparkan Warga Bau-Bau

Penemuan Benda Antik Gemparkan Warga Bau-Bau

KOTA BAU-BAU - Warga Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara, khususnya Kelurahan Silaa, Kecamatan Betoambari gempar setelah mendengar adanya cerita penemuan benda purbakala di dasar gua laut yang berbatasan langsung dengan salah satu objek wisata di Kota Bau-Bau yaitu Pantai Nirwana.

 

Atas cerita ini, Pemda Kota Bau-Bau yang di pimpin langsung oleh Walikota Bau-Bau, langsung ke lokasi. Selasa (15/4/2008 ) tepatnya di Gua Moko Kelurahan Silaa, Kecamatan Betoambari, Kota Bau-Bau.Sambil menggandeng 3 penyelam, Walikota Bau-Bau ingin membuktikan cerita yang beredar tersebut.

Setelah memasuki area Gua yang cukup curam, dan ke tiga penyelampun melakukan aksinya, beberapa saat kemudian muncullah satu persatu penyelam di permukaan air yang biru sambil membawa piring-piring dan Mangkuk yang terbuat dari keramik dengan motif berbeda-beda.

Dari benda-benda ini terdapat beberapa benda yang pecah namun sebagian besar masih utuh. Namun uniknya benda-benda yang diambil untuk dijadikan sampil penelitian sama sekali tidak termakan karang dan masih kelihatan mulus.

Menurut seorang penyelam, di dasar air yang kurang lebih memiliki kedalaman sekira 24 s/d 30 meter dari permukaan laut benda-benda antik tersebut tersusun rapi seperti susunan rak piring atau memang sengaja dijadikan tempat penyimpanan barang di masa lalu.

 

Beberapa contoh temuan benda antik tersebut saat ini diamankan Pemda Kota Bau-Bau, dan prediksi sementara benda-benda tersebut berasal dari abad ke 16.

 

"Kawasan Gua Moko tersebut saat ini dalam pengawasan Pemda dan aparat terkait, agar terbebas dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sambil menunggu tim purbakala atau para ahli arkeologi guna memastikan status benda yang ditemukan tersebut," kata Walikota Bau-Bau, Amirul Tamim.

Ditambahkan Amirul, saat ini lokasi tersebut pun dijadikan kawasan wisata Pantai Nirwana Plus khususnya Diving, dan rencananya juga akan dijadikan objek wisata khusus pada saat Festival Perairan Pulau Makassar di Kota Bau-Bau tahun ini.

(mbs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kurang Terlatih, Secret Service AS Butuh Perbaikan