Pilkada Pasuruan Diminta Diulang

PASURUAN - Tanda-tanda Pilkada Kabupaten Pasuruan bakal berakhir kisruh semakin kentara. Kemarin ratusan orang  mengatasnaman Aliansi Suara Rakyat Pasuruan mendemo kantor KPUD dan menuntut digelarnya pilkada ulang.

Massa yang sebagian besar merupakan massa pendukung Mujamil-Zubaedi ini juga menuntut agar KPUD bertanggung jawab atas berbagai tindak kecurangan selama Pilkada berlangsung.

Mereka menuduh KPUD maupun Panwas selama ini sengaja tutup mata. Indikasinya, kedua lembaga ini tidak sedikitpun melakukan tindakan meski pelanggaran nyata-nyata dilakukan oleh pasangan calon lain.

Kasus penangkapan oknum kepala desa di Kecamatan Pandaan yang melakukan praktik money politics serta pembagian beras berlabel gambar cabup Dade Angga mereka jadikan contoh buruknya kinerja KPU maupun Panwas.

"Kami juga ingin bertanya kenapa sejauh ini polisi tidak segera bertindak. Kalau memang itu dibiarkan (dimaafkan, red), lalu kenapa dulu harus dibuat aturan pelarangan," kecam M. Rofii, salah satu korlap aksi demo di depan kantor KPUD Kabupaten Pasuruan Rabu (21/5/2008).

Aksi yang digelar sekitar pukul 10.00 itu akhirnya hanya berhenti di depan pintu gerbang masuk kantor KPUD. Massa kemudian menggelar orasi dan yel-yel kecaman terhadap ketua KPUD M Shodiq karena dinilai tidak becus menjalankan program pelaksanaan pilkada secara tertib, jujur dan transparan.

Sambil membawa keranda yang ditutup kain hitam, mereka kemudian melakukan sejumlah adegan teatrikal sebagai wujud protes atas kinerja KPUD yang mereka nilai amburadul. (fit)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Singkirkan Kayu, Kakek Harso Ditahan