Awas! Beredar Surat Palsu Perintah Setor BI

Selasa, 03 Juni 2008 15:27 wib | Rani Hardjanti - Okezone

Surat Setor BI Palsu (Foto: BI) Surat Setor BI Palsu (Foto: BI) JAKARTA - Saat ini tengah beredar Surat Perintah Setor Bank Indonesia (BI) palsu. Surat palsu tersebut ditujukan kepada Bank Mandiri.

Biro Humas BI menjelaskan, surat tersebut tertanggal 3 Maret 2008, lengkap dengan dengan kop surat berlogo BI. "Surat ditujukan kepada Bank Mandiri Pusat, dengan penerima perintah Sdr. Samsudin, nomor rekening 0002402874100," seperti dikutip dalam keterangan tertulis BI, di Jakarta, Selasa (3/6/2008).

Dalam surat tersebut, tertera nomor rekening Bank Jabar cabang Margonda nomor 0002402874100. Sedangkan alamat Samsudin tercatat di Jalan Areifman RT01/08 No 24 Rawa Depok, Rangkapan Jaya Panmas, Depok.

Dengan surat tersebut, si penjahat menuturkan, Samsudin adalah penerima pencairan dana berdenominasi dolar Amerika Serikat (USD). "Batas waktu 25 hari kerja sejak tanda tangan," tulis surat palsu tersebut.

Sehubungan dengan surat palsu tersebut, Bank Sentral Indonesia menegaskan tidak pernah mengeluarkan Surat Perintah Setor Kepada Bank Mandiri untuk diberikan kepada Sdr. Samsudin.

"Tindakan tersebut merupakan penipuan dengan menggunakan atribut Bank Indonesia palsu," tegas biro Humas BI.

Oleh karena itu, BI mengimbau agar masyarakat tidak terperdaya oleh tindakan oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. BI juga menyatakan bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan berkaitan dengan surat perintah setor tersebut. (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

 
Berita
Terpopuler
Komentar Terbanyak
BACA JUGA »