Kades Cabul Didemo Warga

|

Kades Cabul Didemo Warga

JOMBANG - Ratusan warga Desa Kauman Kecamatan Ngoro ramai-ramai menggelar unjuk rasa di balai desa setempat. Mereka mendesak agar Kepala Desa, Abdi Pranoto (49), dicopot dari jabatannya, lantaran diduga telah mencabuli anak seorang warga.

Selain mendesak mundur, massa yang terdiri dari ibu-ibu ini juga meminta agar orang nomor satu di Desa Kauman tersebut segera menyerahkan diri kepihak yang berwajib. Sebab, mereka tidak mau dipimpin oleh pejabat yang mempunyai moral bejat.

''Kami ingin kepala desa dicopot dari jabatanya. Kami juga tidak mau punya pemimpin yang tidak mempunyai moral. Apalagi, di desa kami sudah banyak yang menjadi korban," teriak Amalia, salah satu peserta aksi di depan balai desa tersebut, Kamis (5/6/2008).

Warga yang berdemo harus kecewa. Pasalnya, kepala desa yang telah mereka incar sebelumnya, tak tampak berada di kantor desa itu. Warga yang awalnya hanya berada di depan pintu balai desa, memaksa masuk pelataran kantor dan meminta bertemu dengan anggota BPD yang ada.

Dengan membentangkan poster berisi kecaman, mereka meminta agar perangkat desa lainnya segera mengambil sikap dengan membubuhkan tandatangan. ''Demo ini sebagai bentuk kekecewaan kami terhadap pemimpin yang dengan sengaja telah mencoreng nama baik desa kami," ujar Lutfi, Koordinator Aksi, sesaat seteleh melakukan negosiasi dengan sejumlah perangkat desa lainnya.

Lantaran tak berhasil bertemu dengan Abdi Pranoto, massa kemudian merengsek menuju ke Kantor Kecamatan Ngoro. Dengan berjalan kaki, massa terus mengumbar aib kepala desa mereka di sepanjang jalan.

Di kantor kecamatan itu, massa ditemui oleh Camat Ngoro, Santoso. Selain itu, tampak juga Kapolsek Ngoro, AKP Heru Nur Hidayat ikut menemui massa. ''Kami minta warga bersabar, karena proses hukum terhadap yang bersangkutan sudah kami lakukan. Sedangkan soal tuntutan dicopot, kita akan lakukan sesuai dengan prosedur yang ada,'' terang Santoso meredam.

Usai mendengar penjelasan camat, warga membubarkan aksinya dengan tertib. Aksi warga ini dipicu ulah kades, yang diduga telah mencabuli anak seorang warganya. Dan kasus tersebut telah dilaporkan oleh ibu korban, yakni Lilis Suryani (41), warga Dusun Sedati Desa Kauman, ke polisi, Jumat (30/5) lalu. Kini kasusnya masih dalam pengusutan petugas Polres Jombang.

(fit)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mata Kuliah "The Simpsons" Jadi Favorit