Pilkada Probolinggo Incumbent Dapat Nomor 2

|

PASURUAN - Pengundian nomor urut pasangan calon peserta pemilu walikota dan wakil walikota(Pilwali) Probolinggo kemarin menandai dibukanya pesta demokrasi yang akan dihelat 30 Oktober mendatang.

Penentuan dan penetapan nomor urut pasangan calon peserta pilwali dimulai pukul 10.00 di pendopo kantor KPU Kota Probolinggo jalan Panglima Sudirman. Prosesi pengundian dimulai dengan pembacaan tata tertib/aturan yang dibacakan ketua KPU Kota Probolinggo H. Ali Muchtar, SH, S.Pd dihadapan ketiga pasangan calon. Rapat pleno dengan agenda penentuan dan penetapan pasangan calon ini dilakukan secara terbuka.

Selain diikuti para kontestan pilwali, jajaran muspida, elemen masyarakat serta massa pendukung masing-masing kubu pasangan calon. Semua tampak hadir menyaksikan prosesi pengundian yang berlangsung kurang lebih dua jam mulai pukul 10.00 hingga 12.00 itu.

Tidak semua orang bisa masuk pendopo. KPU sengaja membatasi jumlah massa pendukung masing-masing pasangan calon. Pembatasan ini dilakukan karena alasan keamanan. Lokasi rapat pleno di pendopo dan halaman kantor KPU juga tidak memungkinkan jika massa/tamu yang hadir dibiarkan membludak.

"Demi keamanan, kami membatasi massa pendukung masing-masing pasanan calon maksimal 30 orang," kata Ketua KPU Kota Probolinggo Ali Muchtar saat membacakan tata tertib rapat pleno penentuan dan penetapan nomor urut pasangan calon peserta pilwali, kemarin.

Dari tiga kandidat pasangan calon yang maju dalam pilwali Kota Probolinggo, pasangan calon independen Reza Bayun Sarosa-Roro Retno Suryandari (BR) tampak hadir pertama kali.

Diiringi sejumlah massa pendukungnya, Bayun dan Roro langsung menempati kursi pertama di tengah pendopo lokasi rapat pleno. Disusul pasangan incumbent HM. Buchori-Bandyk Sutrisno (Budy Mantep) dan pasangan terakhir pasangan Zulkifli Chalik-Yusuf Zainal Kubro (KiBar) yang datang beberapa saat kemudian.

Formasi 1-2-3 tersebut secara kebetulan berlanjut hingga pengundian nomor urut. Penetapan nomor urut ini disahkan KPU pokja pencalonan setelah masing-masing kontestan secara acak mengambil undian nomor urut yang disediakan panitia dalam sebuah toples kaca. Hasilnya, pasangan BR mendapat nomor urut 1, disusul pasangan Budy yang mendapat nomor urut 2 dan terakhir nomor urut 3 untuk pasangan Kibar.

(fit)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mayat Pria Ditemukan di Bak Mandi dengan Kaki Terikat