Pilkada Rote Ndao Dipastikan Dua Putaran

KUPANG - Pemilihan bupati dan wakil bupati Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur  dipastikan dilakukan dalam dua putaran setelah perolehan suara  lima pasangan calon tidak ada yang mencapai 30 persen sebagaimana amanat undang-undang.

Dua pasangan calon yang akan bersaing dalam putaran kedua yang dijadwalkan berlangsung 24 November mendatang adalah pasangan calon Christian Nehemia Dillak-Zacharias Paulus Manafe (Calon Independen) dan pasangan calon Lens Haning-Marthen Luther Saek.

Hasil pleno KPUD Rote Ndao, Kamis 23 Oktober 2008 menunjukkan, pasangan calon Christian Nehemia Dillak-Zacharias Paulus Manafe meraih 18.706 suara (29,92 persen), Marthen Luther Henuk-Junus Fanggidae memperoleh 8.439 suara (13,50 persen), Leonard Haning-Marthen Luther Saek meraih 12.612 suara (20,17 persen), Alfred Zacharias-Steven Mbate Mooy meraih 12.121 suara (19,48 persen) dan Bernard Pelle-Nur Yusak Ndu Ufi memperoleh 10.584 suara (16,93 persen).

Pleno yang berlangsung dalam pengamanan super ketat dari aparat kepolisian dan Brimob Polda NTT, berlangsung hampir tujuh jam, yakni dari pukul 13.00-19.00 Wita. Hadir dalam pleno tersebut, ketua dan anggota  KPUD Kabupaten Rote Ndao, Panitia Pengawas Pemilu, Muspida Kabupaten Rote Ndao, para saksi dari masing-masing pasangan calon dan anggota PPK se-Kabupaten Rote Ndao.

Hadir pula Bupati Rote Ndao, Christian Nehemia Dillak yang juga salah satu calon yang lolos dalam putaran kedua bersama calon wakilnya Zacharias Paulus Manafe dan calon bupati Lens Haning. Sementara pasangan calon lainnya tidak hadir.

Ketua KPUD Rote Ndao, Robert Lona, pada kesempatan tersebut mengatakan, jumlah pemilih yang terdaftar dalam pilkada Rote Ndao, 13 Oktober lalu sebanyak 73.235 orang,  tersebar di delapan kecamatan.

"Yang ikut mencoblos hanya 63.474 pemilih. Dari jumlah pemilih yang ikut mencoblos, 62.522 surat suara sah sedangkan 951 lainnya tidak sah," kata Lona.

Menurutnya,  sesuai UU Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan UU Nomor 32 tentang Pemerintah daerah pasal 107, pemilihan putaran kedua harus dilaksanakan, karena tidak ada pasangan calon yang meraih jumlah suara minimal 30 persen dari total suara sah.

"Pemilihan putaran kedua direncanakan 24 November 2008 mendatang. Masa kampanye akan dimulai 18-20 November," ujarnya. 

Tiga pasangan calon yang gugur dalam putaran pertama pilkada, tidak menandatangi berita acara pleno perolehan suara, meski hadir pada acara tersebut.  Christian Nehemia Dillak, salah satu calon bupati yang lolos dala putaran kedua, menyatakan siap mengikuti proses pilkada selanjutnya.  

"Tim saya akan bekerja maksimal untuk memenangkan Pilkada putaran kedua," ujarnya. (fit)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Suzuki Address, dari Indonesia Menuju Dunia