Lampu Depan Mobil Sering Mati

|
Pertanyaan

Mobil saya Toyota Kijang Grand tahun 1994. lampu depan (lampu dekat dan jauh) kok sering mati. Apa karena ditambah relay (penguat daya). Berapa sebaiknya daya lampu (Volt & Watt)? Power window susah naik, bagaimana mengatasinya?

Terima kasih,
Wayan, Lampung

Jawaban

Kepada Yth,
Bapak/Ib

Berikut penjelasan dari tim ERA kami.

1. Lampu depan kijang yang cepat mati dapat disebabkan beberapa sebab, sayang Anda tidak menceritakan seberapa lama lampu dipergunakan. tetapi Kami akan menjelaskan sedikit tentang lampu kendaraan. Lampu depan kijang grand standard adalah 55/60watt, bila Anda menambahkan relay biasanya watt lampu diganti dengan yang lebih besar yaitu 90/100watt. Disini peran tambahan relay sangat besar karena sebagai penyuplai arus ke lampu sehingga kualitas relay beserta rangkaiannya harus yang baik.

Biasanya dipasaran banyak dijual relay set lampu yang beraneka ragam ada yang 2 relay, 3 relay ataupun 4 relay. Konsultasikan dulu kepada penjual Relay yang mana yang baik untuk kendaraan Anda. Hal tersebut sangat berpengaruh pada daya tahan lampu tersebut. Penggantian lampu juga harus diperhatikan misalnya saat mengganti lampu jangan sekalipun memegang kaca lampu tersebut karena bekas tangan kita akan membekas pada kaca tersebut akibatnya bila lampu menyala maka bekas jari kita akan terbakar  (gosong) dan sinar lampu tidak akan keluar karena terhambat oleh hal tersebut, maka panas lampu juga akan membuat sekitar filamen lampu semakin panas sehingga umur lampu pendek, bila terlanjur tersentuh kami anjurkan kaca lampu dilap memakai tisu kering yang bersih.

2. Untuk Power window yang susah naik dan turun dapat dipengaruhi dari run kaca (karet kaca) yang kotor ataupun sudah keras. Bila hanya kotor Anda bisa bersihkan dan kemudian lumasi menggunakan WD 40. Tetapi bila sudah keras berarti harus diganti.

Demikian jawaban kami semoga dapat membantu Anda.
(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Konsultasi Astraworld

      Sock Breaker Keluar Oli

      Salam jumpa, mobil saya Daihatsu Taruna tahun 1999. Yang saya mau tanyakan adalah: 1. apakah benar kalau di sock breaker sudah keluar oli berarti sudah rusak? 2. Kalau sudak rusak bisakah sock breaker diperbaiki atau diganti? 3. Kalau bisa diperbaiki bisa bertahan lama enggak sock breaker tesebut?

    Baca Juga

    Nekat Nyuri Kotak Amal, Siti Dikeroyok Warga