Dua Cabup Pinrang Sulsel Saling Klaim Kemenangan

|
PINRANG - Dua pasangan kandidat Bupati Pinrang, Sulawesi Selatan, yang bertarung pada pemilihan kepada daerah putaran dua kemarin, salim mengklaim dirinya sebagai pemenang.

Rivai Moenta, petinggi tim sukses pasangan A Irwan Hamid-Nurrachmi Moenta (Ihsanta) mengatakan jagonya dipastikan keluar sebagai pemenang Pilkada Pinrang dengan persentase suara mencapai 55 persen.

Sementara rival terberat Ihsanta, A Aslam Patonangi-Kaharuddin Machmud (Askar), hanya memperoleh suara sekira 45 persen. Sayangnya, persentase suara yang dimaksud oleh Rivai, baru mencapai 40 persen dari total suara warga, yang menggunakan hak pilihnya.

"Masih ada suara sekitar 60 persen yang belum masuk. Namun kami yakin, pasangan Ihsanta akan memenangkan Pilkada Pinrang dengan suara mencapai 55 persen," kata Rivai, dalam konferensi pers di Sekretariat DPD II Partai Golkar Pinrang, Selasa (16/12/2008).

Dijelaskan, angka kemenangan itu diperoleh setelah tim sukses pasangan Ihsanta melakuan real quick count pada semua TPS yang tersebar di 12 kecamatan di Pinrang.

Klaim yang sama juga disampaikan oleh Ketua Tim Pemenangan pasangan Askar, A Thamrin. Menurutnya, pasangan yang diusung PAN, PDS, PPIB, PPP, PNI Marhenis, PKPI, PBB, PPNUI, PNBK, Partai Patriot Pancasila itu, dipastikan akan memenangkan pemilu Pinrang.

Berdasarkan penghitungan cepat yang dilakukan oleh Tim Pemenangan Askar, jago mereka berhasil meraih suara di atas 55 persen.

Sementara, Ihsanta disebutnya hanya meraih suara sekira 44 persen. "Kita belum mendapatkan semua datanya. Tapi kami pastikan Askar memenangkan Pemilu Pinrang. Apalagi, kami telah mengantongi kemenangan di sejumlah kecamatan," tegas Thamrin.

Data penghitungan cepat yang dilakukan Tim Pemenangan Askar, kata politikus PPP itu, diambil dari semua TPS di Pinrang , yang berjumlah 554 unit. Hingga pukul 16.15 Wita kemarin, jumlah suara yang telah masuk sekira 30 persen.

Sementara Direktur Institute For Social and Political Economic Issues (ISFEI), Imam Mujahidin Fahmid, memastikan pasangan Askar menjadi pemenang Pemilu Pinrang putaran dua. Kepastian diperolehnya dalam real quick count yang dilakukan ISFEI pada pukul 13.00-18.00 Wita kemarin.

Menurut Dosen Universitas Hasanuddin itu, Askar unggul 55,15% dari rivalnya, Ihsanta, yang hanya meraih, 44,85%. "Data kami peroleh dari sekira 80% TPS yang ada. Sementara sisa TPS lainnya, tidak dapat kami akses karena kendala cuaca dan tidak adanya akses komunikasi ke TPS itu," jelas Imam.

Dijelaskan, data pada 20 TPS di Kecamatan Lembang, tidak berhasil diperoleh ISFEI. 20 TPS itu, terbagi dalam tiga desa yang berada di kawasan pegunungan perbatasan Pinrang-Enrekang. Diperkirakan, sebanyak 4.000 pemilih, telah mencoblos di TPS tersebut.

"Kalaupun nantinya data dari 20 TPS itu telah masuk, itu tidak mempengaruhi hasil yang kami peroleh. Aksar tetap unggul dari Ihsanta. Kami akan merilis hasil penghitungan ini secara resmi kepada seluruh media," pungkas mantan Juru Bicara pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'man itu.

Menanggapi hal itu, Ketua Perkumpulan Untuk Pemilu Demokrasi (Perludem) Pinrang, Nasri Aboe meminta kepada KPU dan Panwas Pinrang untuk bersifat netral. "Kondisi seperti ini sangat rawan. KPU dan Panwas harus bersifat netral, agar tidak memicu konflik ditengah warga," tegasnya. (ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Try Sutrisno Batal Jenguk Habibie