Nissan XGear, Paling Bontot Tapi Paling Gahar

|

Foto: Nissan Livina XGear

Nissan XGear, Paling Bontot Tapi Paling Gahar
PERTAMA kali muncul, Nissan Livina XGear berhasil menarik perhatian. Desainnya yang sporty, menimbulkan hasrat untuk mencobanya. Bagaimana sih rasanya?

Nissan Livina X-Gear adalah keluarga Livina paling bontot. Dua kakaknya, Grand Livina dan Livina XR terlebih dahulu meraih sukses di pasar automotif nasional. Kehadiran Livina X-Gear diharapkan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) melengkapi cerita manis "keluarga bahagia? Livina.

"Manisnya" rasa X-Gear memang sudah tercium dari desain yang sporty. Basisnya diambil dari "kakak kedua", Livina XR, tapi diimbuhi berbagai ornamen di sekujur tubuhnya. Tampak balutan elemen semacam body kit di sekeliling X-Gear. Elemen berlekuk halus berwarna hitam itu mengesankan wajah yang semakin garang.

Dilihat dari roof rail dan fender yang menggelembung, jelas Livina X-Gear masuk dalam spesies crossover. Di sini, X-Gear berhadapan langsung dengan Suzuki SX-4 yang sudah terlebih dahulu banyak kelihatan lalu-lalang di jalanan. Hanya, X-Gear mempunyai dimensi lebih besar, menguntungkan di sisi kenyamanan penumpang.

Nuansa luas dan nyaman segera tertangkap ketika memasuki kabin. Penambahan panjang 100 mm, lebar 40 mm, dan tinggi 15 mm membuat XGear makin lega untuk kapasitas lima orang dewasa plus barang bawaan di bagasi. Sayang, visibilitas pengemudi sedikit terganggu pilar C yang desainnya agak besar.

Dari kesan pertama yang manis itu, berharap mendapat kejutan untuk performa. Benar saja, desiran mesin HR15DE berkapasitas 1.498 cc-nya mampu menghentakkan kepala ke sandaran kursi. Hentakan tenaga di awal itu membuat X-Gear mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 11,6 detik.

Bermain-main pada rpm rendah dengan Livina X-Gear cukup mengasyikkan, meskipun untuk menambah kecepatan butuh sedikit waktu. Di rentang kecepatan 120-140 km/jam, suara-suara yang berasal dari mesin dan ban mulai menyusup ke kabin.

Namun, hal itu diimbangi 2DIN audio plus empat speaker yang cukup menghibur. Handling-nya akurat dan lincah. Manuver dadakan mampu dilibas X-Gear dengan ringan. Itu berkat bantuan suspensi McPherson Strutwithstabilizer di depan dan Torsion Beam withcoilspring di belakang.

Untuk keselamatan, Livina X-Gear dilengkapi airbag di depan pengemudi. Meski demikian, mobil ini tidak dilengkapi sistem pengendalian rem seperti anti-lock brake system (ABS) dan electronic brake force distribution( EBD). Namun, kekurangan itu terbayar lunas oleh crushable zone pada bodi.

Sistem ini ditempatkan pada bagian depan ban belakang untuk membantu menyerap energi benturan. Ada juga side impact bar, pelindung pintu samping terbuat dari pipa baja. Soal konsumsi bahan bakar, Nissan Livina X-Gear bisa diandalkan.

Menggunakan metode full to full, mobil ini meminum bensin 1 liter untuk pemakaian 13,2 km dengan rute kombinasi. Angka itu membuat X-Gear masuk dalam kategori mobil-mobil irit yang dibutuhkan saat ini. (ahm)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Akhirnya Korban Jembatan TIM Berhasil Dievakuasi