Normalisasi Situ Tipar, Pemkot Depok Kerjasama dengan DKI

DEPOK - Depok memiliki 26 situ yang tersebar di enam kecamatan, di mana hampir seluruh kondisinya dalam keadaan tidak terawat dan tercemar limbah rumah tangga. Hal itu membuat Pemerintah Kota Depok menormalisasi atau mengembalikan fungsi situ kembali seperti semula, salah satunya adalah Situ Tipar.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok, Herman Hidayat mengatakan, Pemprov DKI Jakarta mengucurkan dana sebesar Rp1 Miliar untuk menormalisasi Situ Tipar  yang berada di Kecamatan Cimanggis Depok dan merupakan perbatasan dengan Jakarta Timur.

"Hal itu lantaran perbatasan dengan mereka, jadi dana dari mereka, kami pelaksananya," ujarnya, Jumat (15/5/2009).

Herman menambahkan, saat ini tengah dilakukan pengerukan situ dari banyaknya sedimentasi atau pendangkalan di Situ Tipar seluas 5 hektare tersebut. "Selain itu kami turap juga untuk kembalikan fungsi situ yang sejatinya sebagai resapan air, sebelum sampai ke Jakarta," jelasnya.

Tahun ini, kata Herman, Pemkot Depok memprioritaskan normalisasi 4 situ di luar Situ Tipar. Keempat situ itu adalah Situ Bahar, Situ Citayam, Situ Cilodong, dan Situ Sidamukti, keseluruhannya mencapai Rp850 juta. "Kalau Tipar dana dari DKI, kalau keempat situ itu dananya dari APBD Depok," katanya.

Sebelumnya, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok sudah merazia ratusan keramba atau jaring apung yang dibangun di atas Situ Tipar. Selain itu, para penduduk liar yang tinggal disekitar situ pun telah ditertibkan. Hal itu untuk memudahkan Pemkot Depok untuk menormalisasi Situ Tipar. (hri)

berita terkait

foto & video lainnya

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bersihkan Korupsi, Jokowi Harus Pilih Jaksa Agung dari Eksternal