Akibat Kabut Asap, Meski Mendung Riau Panas

Kamis, 28 Mei 2009 16:10 wib | Banda Haruddin Tanjung - Okezone

PEKANBARU - Bencana kabut asap akibat kebakaran di hutan di Riau kini berdampak langsung pada kondisi suhu yang kini mengalami peningkatan. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru mengatakan suhu Riau di atas 34 derajat celisius.

"Kini suhu Riau terus meningkat, sebelumnya suhu Riau sekitara 32 derajat celsius. Hal ini merupakan dampak dari kebakaran hutan. Dan suhu paling panas ini sangat paling bisa dirasakan pada siang hari," kata Kepala Seksi Analiasa cuaca BMG Pekanbaru Kamis (28/5/2009).

Dari pantauan satelit NOA A 18 terakhir tercatat ada 121 titik api yang berada di Pulau Sumatera dan Riau merupakan daerah yang paling banyak titik api dengan jumlah 59 yang tersebar di 12 Kabupaten dan Kota.

"Suhu sekarang sudah tergolong ekstrim, apalagi beberapa hari ke depan tingkat curah hujan masih tergolong minim. Dan ini tentu suhu bisa terus naik," pungkasnya.

Sementara itu menurut salah seorang warga, suhu memang benar-benar panas,apalagi pada siang hari meski cuaca mendung. "Malam juga panas, sekarang jadi susah tidur, pakai kipas angin dan tidur di lantai juga panasnya masih terasa," jelas Tan Alim Siregar.

Sementara di tempat terpisah, Kepala Seksi Kebakaran Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Provinsi Riau, Said Nurjayabahwa di musim kemarau saat ini hutan memang mudah terbakar.

"Potensi kebakaran saat ini begitu besar, jadi semua warga diminta waspada.Dan kita selalu siap untuk melakukan pemadaman kebakaran," katanya. (fit)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

 
Berita
Terpopuler
Komentar Terbanyak
BACA JUGA »