7.500 Desa di Indonesia Belum Teraliri Listrik

|

YOGYAKARTA - Lebih dari 7.500 desa di Indonesia hingga hari ini masih belum teraliri listrik dari PLN. Akibatnya pengembangan pembangunan desa tersebut tertinggal dengan daerah lainnya.

Untuk itulah saat ini Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) terus berusaha mengejar ketertinggalan ribuan desa tersebut dengan menggalakan penggunaan sumber listrik tenaga surya hingga mikro hidro.

"Saat ini ada 7.500 desa yang belum teraliri listrik sehingga kalau malam gelap gulita," ujar Menteri Negara PDT Lukman Edy dalam sambutan acara penandatangan MoU dengan UGM, Kamis (16/7/2009).

Lukman Edy menjelaskan, program pembangunan "desa terang" terutama dilakukan di daerah-daerah yang sulit terjangkau dan diperkirakan selama 10 tahun ke depan belum akan dapat teraliri listrik PLN.

Langkah ini baru ditempuh awal tahun 2008 silam melalui program green energy dan pembangunan pedesaan, khususnya yang belum tersentuh listrik PLN tadi. "Lokasi desa-desa itu di pulau-pulau terpencil," katanya.

Dalam kesempatan ini, Lukman Edy kembali menegaskan bahwa sampai sekarang masih terdapat 199 kabupaten yang masuk kategori tertinggal. Kriteria desa tertinggal ini antara lain berdasarkan sejumlah kriteria yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam strategi nasional.

Yakni meliputi perekonomian masyarakat, sumberdaya manusia, prasarana (infrastruktur), kemampuan keuangan lokal, aksesibilitas dan karakteristik daerah, serta daerah rawan bencana dan daerah perbatasan. "Prioritas kita selain desa yang belum tersentuh listrik juga meliputi 199 desa tertinggal ini," katanya.

(ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kasus Penghinaan Jokowi di Sosmed Jadi Pelajaran