Mumi Firaun Dipamerkan di Pekanbaru

|

PEKANBARU - Masyarakat Pekanbaru, Riau, kini dapat melihat langsung jasad Firaun yang telah diawatkan. Mumi Firaun  yang lahir pada 1332 sebelum masehi (SM) ini di pamaerkan di pusat perbelanjaan Mal Ska Pekanbaru.

Mumi Raja Mesir yang dipamerkan ini yakni Firaun Tutankhamun. Raja Mesir Kuno ini merupakan raja termuda dari 20 Firaun yang ada. Dari catatan sejarah, Tuthankamun atau disebut juga  Tutankhamen, sudah menjadi raja sejak usia 10 tahun.

Dengan mempersunting seorang itri bernama Ankhesanamun, diapun memimpin Mesir. Thutankhamun merupakan Firaun ke-12 dari Dinasti Mesir ke-18. Namun ditahun ke sembilan masa kekuasanya, Firaun Tutankhamun yang memiliki  pemerintahan bergaya moderat pun wafat.

Firaun Tutankhamun merupakan pemimpin mesir terdahulu sebelum Firaun Ramses II di zaman Nabi Musa As, di mana Firaun mati tenggalam di Laut Merah bersama bala tentaranya ketika mengejar pasukan Nabi Musa As.

"Kebanyak orang tahu bahwa Firaun itu hanya satu, yakni Ramses II yang mati di laut merah. Sebenarnya Firaun itu ada banyak. Salah satu Firaun Mesir itulah yang kita tampilkan di sini. Mengenai tiket masuk, tiap orang hanya membayar tiket Rp15 ribu," kata Viar, penyelenggara Mummy Firaun Arrizal dalam perbincangan dengan okezone, Minggu (23/8/2009).

Mumi Tutankhamun yang memiliki tinggi sekira 167 sentimeter ini dapat disaksikan di aula pameran. Mumi diletakkan di peti kaca.

(lam)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Warga Korban Letusan Gamalama Butuh Masker