Pulau Jemur Milik Indonesia

Selasa, 01 September 2009 16:45 wib | Banda Haruddin Tanjung - Okezone

Pulau Jemur Milik Indonesia PEKANBARU - Dalam situs pariwisatanya, Malaysia mengklaim Pulau Jemur di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) masuk wilayah wisata yang dipromosikannya.

Menyikapi hal itu, Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Arief Sumarsono menegaskan Pulau Jemur yang memiliki luas sekira 2,5 kilometer persegi ini masuk dalam gugusan Kepulauan Arwah adalah wilayah NKRI.

"Pulau itu memang berbatasan dengan daerah Selangor, Malaysia, tapi Pulau Jemur itu adalah wilayah Indonesia," kata Arif Sumarsono pada okezone, Selasa,(1/9/2009).

Selama ini, Pemerintah Kabupaten Rohil sendiri telah menginvestasikan asetnya ke Pulau Jemur yang letaknya sekira 72,4 km dari ibukota Rohil Bagan Siapi-api dan 64,3 km dari Pelabuhan Port Klang di Malaysia itu. "Pemkab kita juga telah telah melakukan kegiatan di sana seperti membudidayakan penyu," ungkapnya.

TNI AL melakukan pengaman di Pulau Jemur yang mempunyai pesona bahari ini dengan menempatkan pasukannya dan patroli rutin. "Kita juga membangun pos TNI dan menempatkan sejumlah pasukan yang dipimpin oleh perwira. Selama ini tidak ada aktivitas atau klaim apapun kalau Pulau Jemur adalah wisata Malaysia. Kita akan terus menjaga daerah kita," ujar Arif.

(ram)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »