Panglima TNI Ukir Sejarah di Timor Leste

|

Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso

Panglima TNI Ukir Sejarah di Timor Leste

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal  TNI Djoko Santoso bersama rombongan bertandang ke Dili, Timor Leste, untuk bertemu dengan para pejabat publik serta militer negara tetangga itu.

Pertemuan yang berlangsung kemarin itu merupakan yang pertama kali sejak Timor Leste, memisahkan diri dari Negara Kesatuan RI. Kunjungan resmi Panglima TNI ini akan tercatat dalam sejarah kedua negara sebagai pertanda eratnya hubungan dan kerjasama militer Indonesia-Timor Leste.

Berdasarkan rilis dari Mabes TNI kepada okezone, Jumat (4/9/2009), selama berada di Dili, Panglima TNI yang disertai beberapa staf dan Pangdam IX/Udy berturut-turut diterima secara resmi oleh Panglima F-FDTL/Angkatan Bersenjata RDTL Brigadir Jenderal Taur Matan Ruak di Markas Besar F-FDTL, Presiden Parlemen RDTL Fernando Lasama, Perdana Menteri RDTL Kay Rala Xanana Gusmao, dan Presiden RDTL Jose Ramos Horta.

Para petinggi tuan rumah umumnya menyambut gembira kunjungan Panglima TNI sebagai wujud persahabatan RI-RDTL yang sudah terbina dengan baik. Sekaligus merupakan momen historis untuk menutup lembaran pahit masa lalu dan memulai  lembaran persaudaraan baru.

Secara  khusus Panglima F-FDTL mengharapkan agar kerjasama militer dapat segera terlaksana di bidang latihan dan pendidikan, patroli maritim dan hidrografi atau oceanografi, pengamanan perbatasan darat dan penempatan atase militer timbal balik.             Untuk  memayungi  kerjasama ini, baik perdana menteri maupun Presiden RDTL sepakat untuk segera membicarakan perlunya perjanjian kerjasama pertahanan dengan pemerintah RI.

Sebelum  meninggalkan Dili, Panglima TNI dan rombongan melakukan ziarah ke TMP Seroja di Balide dan meletakkan karangan bunga di makam para pejuang Tim-Tim tersebut. Para pejuang yang kerangka jenazahnya diharapkan kelak dapat dipindahkan ke wilayah NKRI.

(ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Raih Satu Beasiswa S-2 di University of Essex