Rumah Kayu Jadi Alternatif Bangunan Tahan Gempa

Minggu, 04 Oktober 2009 13:57 wib | Adela Eka Putra Marza - Okezone

Rumah Kayu Jadi Alternatif Bangunan Tahan Gempa ilustrasi JAKARTA - Rumah kayu bisa menjadi alternatif dalam rekonstruksi pascagempa di Sumbar. Rumah jenis ini dianggap lebih aman dari gempa dibanding bangunan-bangunan dengan struktur permanen yang ditopang beton-beton.

Hal ini dikemukakan oleh salah seorang tokoh perantau Minang Saafroedin Bahar, di Jakarta, Minggu (4/10/2009). "Kita perlu menggerakkan pembangunan rumah kayu tahan gempa dengan bahan-bahan lokal," ujar Saafroedin.

Menurutnya, kayu yang digunakan untuk rumah tahan gempa ini berasal dari batang kelapa. Selain banyak tersedia di Sumbar, kata dia, bahan bangunan ini juga diakui cukup kuat. Masyarakat bisa memanfaatkan pohon kelapa yang sudah tua dan tidak produktif untuk dimanfaatkan. Terlebih daerah Pariaman pohon kelapa ini sangat mudah dijumpai.

Rumah kayu tahan gempa ini pernah diprogramkan di NAD pascatsunami 2004 silam, oleh salah satu NGO Jerman, German Agro Action (GAA) dan NGO dari Inggris Muslim Aid.

"Ketika terjadi gempa lagi di Simeulue, kalau tidak salah lebih 6 SR, rumah tersebut aman-aman saja. Dalam arti, bergoyang lentur," imbuh Andi Jupardi, tokoh perantau Minang di Pekanbaru yang pernah berpengalaman menyuplai kayu kelapa sebagai bahan bangunan bagi GAA, di Simeuleu, NAD.

Rumah kayu tahan gempa ini, lanjut Andi, dibangun dengan konstruksi kayu kelapa serta partisi dari papan semen gipsum atau kombinasi asbes yang dicat tembok. Sehingga terlihat tidak terlalu kuno, karena selera penduduk saat ini masih pada rumah beton.

M Ichlas El Qudsi perantau Minang menambahkan, rumah tahan gempa ini juga pernah dibangun di Sumbar, seperti kawasan di Gunuang Rajo (Tanah Datar), Sumani (Solok) dan Pesisir Selatan setelah gempa beberapa waktu lalu.

Perumahan tersebut dibangun oleh LSM Kabisat Indonesia bekerja sama dengan NGO IOM dari Eropa. Bedanya, bahan utama rumah kayu ini berasal dari bambu. (ded)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »