Stok Darah AB di Depok Kosong

|

kantong darah

Stok Darah AB di Depok Kosong
DEPOK – Warga Depok kini tengah kesulitan memperoleh stok darah AB. Pasalnya, Stok darah golongan AB di Blood Bank (Bank Darah) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Depok, saat ini kosong.  
Pelaksana Teknis PMI Cabang Kota Depok Kartono mengatakan, kekosongan stok darah tersebut sudah terjadi sejak Rabu lalu. Meskipun demikian, kata Kartono, stok darah di luar AB hingga kini masih aman jumlahnya.
 
“Stok darah kita masih aman, hanya stok darah golongan AB yang sudah habis sejak kemarin. Mudah-mudahan Sabtu nanti akan ada darah golongan AB, karena ada kegiatan donor darah di Citayam,” Katanya di ruangan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Sawangan Depok, Kamis (14/01/10).
 
Kartono menjelaskan, kekurangan darah tersebut terjadi akibat adanya peningkatan permintaan darah dari sejumlah rumah sakit di kota Depok dan Kabupaten Bogor, yang telah menjalin kerja sama dengan PMI.
 
Karena kekosongan darah tersebut, Kartono meminta masyarakat yang membutuhkan darah jenis AB, agar membawa keluarga atau kerabatnya yang memiliki golongan darah tersebut untuk mendonorkan darahnya.
 
“Sebagian besar stok darah yang ada, jenis A dan O. Bulan ini permintaan darah memang agak meningkat.” jelasnya.
 
Setiap bulannya, kata Kartono, bank darah PMI Depok menyiapkan 350 hingga 400 kantong darah. Kartono mengimbau masyarakat untuk berusaha mencari golongan darah AB di UTD terdekat.
 
“Bisa cari di tempat-tempat terdekat kayak di UTD PMI Cibinong, kalau tidak ajak keluarganya untuk mendonorkan darahnya. Dalam waktu 24 jam darah yang dibutuhkan sudah siap, karena harus diuji saring dulu,” ujarnya.
(ram)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    JK Hadiri Peringatan Tahun Baru Hijriah di GBK