Dede "Manusia Akar" Siap Dioperasi Lagi

|

Dede "Manusia Akar" (Foto: Gin Gin Tigin Ginulur/okezone)

Dede

BANDUNG - Setelah sempat menolak, Dede Koswara (38) atau dikenal dengan Manusia Akar akhirnya bersedia kembali menjalani operasi kutil tahap selanjutnya di RS Hasan Sadikn Bandung.

 

Menurut tim Dokter yang menangani Dede, Rahmat Dinata, pihaknya berencana menggelar rapat pada Senin besok, untuk membahas rencana operasi Dede.

“Kemarin-kemarin Dede sudah bersedia mau masuk (operasi). Kita akan rapatkan besok Senin,” kata Rahmat kepada wartawan, Minggu (24/1/2010) sore.

Menurut Rahmat, rapat tersebut akan membahas kesiapan peralatan dan tempat perawatan Dede. Untuk operasi tahap selanjutnya, Dede akan mendapatkan fasilitas keluarga miskin (gakin) agar mendapat bantuan dari RS Hasan Sadikin. Rumah Sakit Hasan Sadikin sendiri, kata Rahmat, sudah memiliki tempat perawatan khusus dari Jamkesmas.

“Kalau dulu Dede dirawat di ruang bedah. Sekarang, kita gunakan fasilitas gakin buat Dede agar mendapat bantuan. Dulu Dede dirawat di ruang bedah,” jelas Rahmat.

Dokter yang akan menangani Dede, lanjut Rahmat, masih tim yang lama. Tim akan diketuai Hardi Siswo yang didampingi dokter bedah ortopedi dan anestesi. Biasanya, operasi Dede ditangani oleh enam dokter. Tiga dokter bedah plastik, dua ortopedi, dan satu anestesi.  

“Soal waktu operasi masih akan dibahas besok, termasuk ruangan operasinya. Kemungkinan Dede harus menjalani operasi berkala enam bulan sekali. Kalau sudah, berat (kutilnya) harus ditipiskan,” papar Rahmat.

Sebelumnya diberitakan, kutil di telapak tangan dan kaki Dede kembali tumbuh pascaoperasi di RS Hasan Sadikin. Warga Kampung Bunder RT 01/06 Desa Tanjungjaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat itu pun tak bisa beraktivitas normal. Menurut Dede, kutil-kutil itu tumbuh kembali sejak Agustus 2009 lalu.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kedubes Pakistan Gelar Aksi Mengecam Serangan Taliban