8.500 Puskesmas Dapat Dana Rp10 Juta per Bulan

|

Ilustrasi (Dok. Okezone)

8.500 Puskesmas Dapat Dana Rp10 Juta per Bulan
YOGYAKARTA - Sebanyak 8.500 puskesmas di seluruh Indonesia pada tahun 2011 mendatang diharapkan sudah akan mendapatkan Biaya Operasional Kesehatan (BOK).

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan untuk tahap pertama program ini, nantinya 300 puskesmas akan dijadikan ujicoba dan mendapatkan BOK sebanyak Rp 10 juta per bulannya.

“300 puskesmas yang akan jadi uji coba di antaranya di wilayah Jawa, Bali, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi , Maluku dan Papua,” ujar Endang usai rapat koordinasi bersama Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (29/1/2010).

Endang menambahkan, dana BOK tersebut nantinya tidak diperbolehkan untuk gaji pegawai namun lebih pada kegiatan promotif dan preventif seperti KB, gizi, imunisasi, hingga kesehatan lingkungan.

Endang mengakui BOK juga rawan penyelewengan seperti yang terjadi pada dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) sehingga perlu pengawasan. “Penyelewengan tentu bisa saja tergantung pengawasannya nanti. Maka untuk distribusinya juga masih dipikirkan akan lewat provinsi atau kabupaten atau langsung ke puskesmas,” katanya.

BOK ini merupakan salah satu prioritas dari Menkes yang tertuang dalam Rencana Panjang Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014.

Selain bertemu Sultan, Menkes hari ini juga direncanakan melakukan dialog dengan pasien penerima program Jamkesmas dan beberapa tenaga kesehatan di Puskesmas Jetis serta RSU Sardjito. (ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Rini Soemarno Diragukan Bisa Laksanakan Agenda Trisakti