Indonesia & Australia Kerjasama Cegah Imigran Gelap

|

Presiden SBY dan PM Kevin Rudd (Foto: abc.net)

Indonesia & Australia Kerjasama Cegah Imigran Gelap
CANBERRA - Indonesia dan Australia sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam upaya memerangi imigran gelap. Hal ini dinyatakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setelah meningkatnya imigran gelap yang berusia memasuki Australia melalui Indonesia.

"Kedua negara sepakat untuk memperlebar kerjasama dalam perang melawan kejahatan internasional termasuk penyelundupan imigran manusia," menurut Presiden SBY dalam sebuah konferensi bersama dengan PM Kevin Rudd.

Presiden menyebutkan jika penanganan manusia perahu merupakan sebuah isu kompleks. "Masalah ini menyangkut hukum, keamanan dan masalah kemanusiaan. Untuk itu Indonesia dan Australia memerlukan koordinasi dan kerjasama erat dalam menangani isu ini," ungkap Presiden SBY seperti dikutip AFP, Rabu (10/3/2010).

Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith menyatakan kedua negara akan menyepakati perjanjian yang digunakan untuk menganggu lingkaran penyelundupan manusia.

Menlu Smith menambahkan kesepakatan ini termasuk upaya operasional dan pengecegahan serta upaya untuk merusak jalur penyelundupan jaringan internasional perdagangan manusia.

Selain masalah imigran gelap, Presiden SBY dan PM Rudd juga sepakat untuk bekerja sama dalam perang melawan kelompok teroris. (faj) (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jokowi Harus Melindungi WNI di Luar Negeri