Sosiolog: Akibat Halusinasi Kepercayaan Gaib

|

Warga memperlihatkan tuyul dalam botol

Sosiolog: Akibat Halusinasi Kepercayaan Gaib

CIREBON - Heboh penangkapan tuyul di Cirebon yang wujudnya sempat terekam kamera ponsel membuat banyak orang penasaran ingin melihatnya.

 

Menanggapi hal ini, Abdullah Ali, sosiolog yang juga Guru Besar IAIN Syech Nurjati Cirebon berpendapat, fenomena penampakan makhluk halus bisa disebabkan faktor halusinasi dari kepercayaan masyarakat akan hal-hal gaib.

Namun demikian, menurut Abdullah Ali, orang Islam harus mempercayai adanya alam gaib seperti adanya malaikat, iblis, dan jin.

"Malaikat selalu benar, taat dan patuh kepada Allah, sebaliknya iblis selalu durhaka dan menggoda manusia, sedangkan jin adalah makhluk halus yang bisa berkompromi dengan manusia dan bisa membantunya jika dibutuhkan," ujar Abdullah.

Dijelaskan Abdullah, jin tidak terikat bentuk, bisa menyerupai apa saja, dan bisa menampakkan diri. "Bentuknya bisa berupa tuyul, dedemit, dan lain sebagainya. Bahkan di masyarakat banyak mitos mengenai bentuk-bentuk makhluk halus yang belum tentu ada, tetapi dipercaya masyarakat," jelas Abdullah.

Dia memaparkan, ada keahlian manusia yang khusus untuk berinteraksi dengan jin. Sejumlah orang yang mempunyai ketrampilan khusus tersebut bisa mengerahkan jin untuk kepentingan tertentu, seperti untuk pengamanan pemilu. "Bahkan dimanfaatkan untuk pesugihan," ujar Abdullah.

Mengenai banyaknya masyarakat Cirebon yang disinyalir "nyupang" untuk mendapat pesugihan, Abdullah Ali mengimbau agar masyarakat mendekatkan diri kepada Allah dan melaksanakan ajaran-ajarannya dengan sebaik-baiknya.

"Jika kita taat beribadah, jin yang ada di sekitar kita akan menjadi jin Islam yang rajin ibadah, sebaliknya jika kita sering berbuat maksiat, jin yang ada di sekitar kita menjadi jin kafir yang suka menganggu dan menampakkan diri," kata Abdullah menjelaskan.(ram)

(mbs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kejagung Sita Aset Udar Pristono