Yogo, Skutik Listrik Mirip Yamaha Fino

Foto: Econogo

Yogo, Skutik Listrik Mirip Yamaha Fino
LONDON- Selain produsen mobil, produsen roda dua di dataran Eropa juga mulai berlomba-lomba menghadirkan sepeda motor bertenaga listrik.

Seperti misalnya yang baru-baru ini dilakukan Econogo. Perusahaan sepeda motor listrik asal Inggris ini baru saja memperkenalkan Yogo.

Yogo merupakan skutik listrik pertama di Inggris yang menggunakan baterai lithium yang bisa dibongkar pasang. Demikian dikutip dari situs resminya, Jumat (9/4/2010).

Apa yang didapatkan dari mekanisme bongkar pasang baterai listrik tersbeut? Tentunya konsumen semakin dimudahkan untuk melakukan pengisian baterai lithium berkapasitas 50 V tersebut.

Konsumen tinggal mencopot baterai sebesar 11 kg itu, kemudian melakukan isi ulang didalam rumah masing-masing melalui sumber listrik konvensional yang tersedia. Konsumen juga dimungkinkan memiliki lebih dari satu baterai agar ketika kekuatan baterai melemah di tengah jalan, bisa langsung menggunakan baterai cadangan.

Pihak perusahaan mengklaim baterai lithium Yogo mampu dipakai sejauh 35 Km dengan kecepatan maksimum mencapai 48 km/jam. Bila daya baterai habis, maka bisa diisi ulang kembali dengan jangka waktu satu jam.

Selain tidak menimbulkan emisi gas buang sedikit pun, skutik Yogo ini memiliki bentuk desian centil bernuansa retro. Sepintas mungkin mirip skutik Honda Scoopy ataupun Yamaha Fino.

Mulai dari bentuk stang, speedometer, headlamp, bodi depan, hingga buritan, kental dengan aura skutik retro duo pabrikan Jepang itu.

Namun terlepas dari mirip atau tidaknya, Yogo punya satu kelebihan: skutik ini tidak perlu BBM! (uky)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Megawati Berperan dalam Tarik Menarik Kabinet Jokowi-JK