Jalan Desa Terkena Longsor, 2 Rumah Rusak

Jum'at, 23 April 2010 13:15 wib | Saladin Ayyubi - Global

Jalan tertutup longsor.(foto: Saladin A/global) Jalan tertutup longsor.(foto: Saladin A/global) BANYUMAS - Longsor terjadi di tebing pinggir jalan Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah tadi malam sekira pukul 20.30 WIB.
 
Sebuah tebing dengan ketinggian sekitar 15 meter dan panjang 50 meter longsor dan menutup semua badan jalan. Akibatnya, akses jalan alternatif dari Kecamatan Ajibarang menuju Kecamatan Purwojati terputus total. Warga Kecamatan Ajibarang yang hendak menuju Kecamatan Purwojati atau sebaliknya, terpaksa berbalik arah dan harus memutar hingga lebih dari 5 kilometer.
 
Hingga Jumat pagi pukul belum ada aparat yang membantu warga membersihkan material tebing yang menutup jalan ini. Sementara menurut Duryat, Kepala Desa Pancurendang, pihaknya sangat membutuhkan bantuan alat berat secepatnya agar jalan desa ini bisa terbuka kembali. Untuk sementara warga sekitar bergotong royong dengan menggunakan alat seadanya untuk menyingkirkan material longsoran tebing ini.
 
“Tebing yang longsor ini merupakan jalan tembus dari Kecamatan Ajibarang menuju Kecamatan Purwojati. Sedangkan panjang tebing mencapai 50 meter. Kami berharap secepatnya ada bantuan alat berat ke lokasi ini,” ujar Duryat, penuh harap.
 
Peristiwa ini juga mengakibatkan dua rumah milik warga rusak dan jebol akibat terkena longsoran tebing. Salah seorang warga yang sedang sakit bahkan nyaris menjadi korban longsoran. Beruntung, saat gemuruh bukit terdengar, warga secepatnya mengevakuasi warga yang sakit itu, sehingga tidak terjadi korban jiwa.
 
“Saya teringat ada saudara saya yang sakit, jadi saat ada suara gemruduk saya cepat-cepat menolongnya,” ujar Warim (60), warga Desa Pancurendang.
 
Di Desa Pancurendang Kecamatan Ajibarang sendiri kondisi tanahnya terbilang labil dengan kontur tanah yang berbukit. Hal ini akan mengakibatkan mudah terjadi longsoran jika terjadi hujan. Warga setempat diimbau agar waspada jika hujan deras melanda wilayah tersebut.
(Saladin Ayyubi/Global/fit)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »