IPB Cari 300 Mahasiswa Bertalenta Wirausaha

|

Dok IPB.

IPB Cari 300 Mahasiswa Bertalenta Wirausaha

BOGOR - Sebanyak 1.700 peserta telah mengikuti Ujian Talenta Masuk (UTM) Institut Pertanian Bogor (IPB). Dari jumlah pendaftar ini hanya akan dijaring 300 orang sebagai calon mahasiswa baru IPB.  

IPB melakukan upaya penambahan jumlah wirausaha sejak dini dengan melakukan seleksi mahasiswa baru melalui jalur UTM.

“Kami menjaring calon mahasiswa yang memiliki talenta kepemimpinan dan kewirausahaan. Dalam UTM, calon mahasiswa diberikan ujian psikotes untuk mengetahui sejauhmana talenta mereka,” ujar Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (4/5/2010).

IPB, jelas Herry, telah memasukkan kewirausahaan dalam visinya.  Menurutnya, sebanyak  0,18 persen dari penduduk Indonesia berwiraswasta. "Jumlah ini masih belum mencukupi, sebab hasil dari suatu penelitian, jumlah wirausaha di suatu negara minimal dua persen untuk dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi. Berarti masih dibutuhkan lima juta penduduk yang berwirausaha,” kata Herry.

Kewirausahaan sangat penting untuk mumbuka lapangan kerja. Upaya menambah jumlah wirausaha harus jadi perhatian serius. Peningkatan jumlah wirausaha tersebut dapat dimulai dengan memperkuat penanaman dan pelatihan semangat kewirausahaan di lembaga pendidikan ataupun masyarakat.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Yonny Koesmaryono menambahkan, calon mahasiswa yang lolos seleksi dalam UTM Sabtu 1 Mei lalu, di Kampus IPB Darmaga, akan mengikuti kuliah seperti layaknya mahasiswa lain.

Yang membedakan adalah ekstrakurikulernya, mereka diwajibkan mengikuti program Leadership and Entrepreneurship School (LES) yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IPB.

“Kami  berharap dari 300 orang yang terjaring minimal 10 persen saja mereka menjadi pengusaha sukses. Selanjutnya pengusaha itu akan mengajak teman-temannya membuka usaha atau membuka lapangan kerja bagi orang di sekitarnya,” ujar Yonny.

Mengenai peserta UTM, menurut Yonny,  IPB tidak membatasi secara khusus. Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) tiga tahun sebelumnya pun bisa mendaftar.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bebaskan Pembunuh Munir, Jokowi = SBY