PWNU Jawa Timur Desak PBNU Gelar MLB

Ilustrasi (Dok. Okezone)

PWNU Jawa Timur Desak PBNU Gelar MLB
SURABAYA- Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur secara resmi menolak susunan pengurus PBNU karena dianggap menyalahi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta Tata Tertib Muktamar NU.

Kebijakan pengurus PBNU yang dianggap menyalahi antara lain, penyusunan pengurus PBNU yang diumumkan menyalahi keputusan muktamar. Karena penyusunan pengurus tidak melalui rapat formatur.

Pelanggaran lain yang terjadi, menurut PWNU Jatim, adalah penunjukan Wakil Rais Am dan Wakil Ketum PBNU secara langsung kepada KH Mustofa Bisri sebagai Wakil Rais Am. Padahal faktanya KH Sahal meraih 272 suara sementara KH Hasyim Muzadi 180 suara pada Muktamar NU 32. Aspirasi yang berkembang dengan fakta perolehan suara dukungan tidak relevan.

Sementara itu H Asad Said Ali (Wakil BIN) tiba-tiba jadi wakil Ketum yang tidak ada suaranya pada Muktamar menggeser H Slamet Efendi Yusuf yang faktanya KH Said Aqil Siraj terpilih sebagai Ketua Umum PBNU dengan jumlah 294 suara mengalahkan Slamet Efendi Yusuf yang hanya meraih 201 suara pada Muktamar.

Atas pelanggaran itu, PWNU meminta kepada PBNU untuk menaati kembali AD/ART dan Tata Tertib atau menyusun kembali kepengurusan PBNU berdasarkan pada rapat formatur di Kajen Pati Jawa Tengah, 12 April 2010 lalu.

"PWNU Jatim menilai susunan pengurus yang sah adalah hasil rapat dengan formatur di Kajen, bukan yang diumumkan di PBNU," Ketua Tanfidziah PWNU KH Mutawakkil Alallah.

Jika tuntutan itu tidak dilaksanakan, PWNU Jatim mendesak PBNU agar melaksanakan Musyawarah Luar Biasa  (MLB) untuk mencari jalan keluar keluar tersebut.NU.

"NU ini adalah organisasi yang mempunyai aturan yang harus ditaati semua anggota dan pengurus NU. Kalau tidak mau mengikuti aturan NU silakan keluar dari NU,” kata Mutawakkil (ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Video Siswi SMP Bercumbu di Hutan Beredar Luas