PBNU Ancam Bekukan PWNU Jawa Timur

Rabu, 12 Mei 2010 02:03 wib | Ashadi Iksan - Koran SI

PBNU Ancam Bekukan PWNU Jawa Timur Ketum PBNU KH Aqil Siradj bersama Ketua PBNU Syaifullah Yusuf (Foto: Ashadi Ihsan/Koran SI) GRESIK- Upaya penggalangan dukungan Muktamar Luar Biasa (MLB) yang dilakukan Rais Am PWNU Jawa Timur langsung disukapi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Bahkan, Ketua Umum PBNU KH Aqil Siraj mnegaskan tidak segan-segan membekukan PWNU Jawa Timur. “Kalau memang masih membangkang, ya akan kami rapatkan termasuk kemungkinan pembekuan,” ujarnya disela-sela menghadiri acara Hari Ulang Tahun PT Polowijo Gosari, di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur, Senin (11/5/2010).

Hanya sebelum merealisasikan ancaman pembekuan tersebut, PBNU seperti diungkapkan KH Aqil Siraj akan melakukan mekanisme organisasi. Di antaranya dengan melakukan klarifikasi ke PWNU terkait informasi adanya penggalangan PCNU se-Jawa Timur untuk menggelar MLB.

“Kami akan kirim surat ke PWNU untuk melakukan klarifikasi. Ya, tergantung jawaban klarifikasinya. Kalau memang ada unsur pembangkangan terhadap pengurus hasil Muktamar NU Makasar, maka akan kita rapatkan untuk menyikapinya,” papar pengganti KH Hasyim Muzadi tersebut.

Disinggung terntang waktu pengiriman surat klarifikasi, KH Aqil Siraj menyebutkan, belum bisa memberikan estimasi. Karena hal itu harus melalui rapat internal pengurus PBNU. “Kita tunggu nanti. Kalau memang sangat mendesak ya dipercepat,” tegasnya lagi.

Kendati begitu, KH Aqil Siraj sepertinya sudah menugaskan ke Ketua PBNU Syaifullah Yusuf untuk menuntaskan gejolak di PWNU Jawa Timur. Ternukti, KH Aqil Siraj saat dikonfirmasi berkali-kali menyerahkan persoalan tersebut ke Wakil Gubernur Jawa Timur yang disapa Gus Ipul itu. “Kalau mau jujur, masalah PWNU Jawa Timur itu biar yang menuntaskan Gus Ipul saja. Karena dia yang tahu,” elaknya.

Menyikapi hal itu, Gus Ipul yang ikut hadir dalam acara di PT Polowijo Gosari itu menegaskan, bila saat ini persoalan PWNU Jawa Timur tidak ada masalah. Sebab, katanya, dari 38 pengurus PCNU se-Jawa Timur yang ikut mendukung kepengurusan KH Aqil Siraj dengan KH Sahal Machfud sebagai Rais Surya PBNU hampir semuanya.

“Hanya seorang yang tidak yaitu KH Miftahul Achyar (Rais Aam PWNU Jatim) saja yang tidak mendukung. Lainnya tidak ada masalah,” tukasnya sambil menuju tempat duduk VIP acara tersebut. (Ashadi Iksan /Koran SI/ful)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »