Parliament Threshold 5% Ancam Partai Gurem

Senin, 31 Mei 2010 16:05 wib | Maria Ulfa Eleven Safa - Okezone

Lambang PPP (Foto: Ist) Lambang PPP (Foto: Ist) JAKARTA - Wacana peningkatan Parliamentary Treshold (PT) dari 2,5 persen menjadi 5 persen pada Pemilu Legislatif 2014 mendatang dinilai akan mengancam keberadaan partai-partai kecil. Salah satunya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang kini dimotori oleh Suryadharma Ali.

"Ini terasa berat untuk kondisi sekarang. Partai-partai semakin banyak dan harus dipahami juga bahwa ini merupakan atmosfer politik yang melibatkan banyak partai," terang Sekjen PPP, Irgan Chairul Mahfudz, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (31/5/2010).

Yang ideal, sambung dia, kenaikan PT sekira 2,5 sampai 3 persen saja. "PPP sendiri kemarin hanya mendapatkan 5,6 persen," kata dia.

Wacana ini, lanjut dia, akan dibahas di Sekretariat Gabungan (Setgab) partai politik koalisi pemerintah. Dengan adanya PT sebesar 5 persen itu, kemungkinan yang akan lolos PT hanya lima partai besar yaitu Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Amanat Nasional.

"PKB dan PPP, dua partai yang terancam," imbuhnya. (hri)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »