Mahasiswa UMM Berdayakan Warga Desa

|

Ilustrasi: ist.

Mahasiswa UMM Berdayakan Warga Desa
MALANG – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Ternyang, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Kegiatan yang mereka lakukan antara lain memberdayakan masyarakat desa dengan berbagai aplikasi ilmu pengetahuan. Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 3 KKN tersebut memulai aktivitasnya sejak 6 Juli lalu hingga 3 Agustus mendatang. Beragam disiplin keilmuan yang didapat selama berada di bangku kuliah, dipraktikkan para mahasiswa gabungan dari Fakultas Hukum, Fisip, Ekonomi, Kedokteran, serta Pertanian.

Kegiatan ini mulai dari pelatihan peningkatan hasil pertanian menjadi produk unggulan serta pemanfaatan beberapa produk sisa pertanian untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. ”Produk pertanian berupa ubi-ubian bisa kami jadikan produk unggulan. Selain itu, air kelapa bisa kami ubah menjadi nata de coco. Selama ini kan petani belum mampu membuat kreasi. Karena itu, kami akan lakukan pemberdayaan cara membuat hasil produk pertanian menjadi lebih bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi tinggi,” ungkap Koordinator Desa (Kordes) Kelompok 3 KKN UMM, Junaidi.

Mereka juga bekerja sama dengan beberapa anggota lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) dalam melakukan transfer pengetahuan kepada warga. Digelar juga pengobatan gratis kepada warga miskin bekerja sama dengan LSM Bulan Sabit Merah. Pengobatan gratis tersebut sangat diminati warga. Kepala Desa Ternyang, Darmadji, mengungkapkan bahwa mereka merasa sangat terbantu dengan adanya KKN mahasiswa UMM tersebut. (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pawai Tahun Baru Islam, Siswa di Aceh Bawa 'Senjata'