Pesawat Sukhoi ke-10 Tiba di Makassar

|

Sejumlah pesawat jet tempur jenis Sukhoi parkir di hangar Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Makassar (Foto: Koran SI)

Pesawat Sukhoi ke-10 Tiba di Makassar
MAKASSAR - Satu lagi pesawat Sukhoi jenis SU027SKM tiba di Lapangan Udara Sultan Hasanuddin, Makassar, Kamis, (16/7/2010) malam. Pesawat tempur ini dibawa menggunakan pesawat Antonov jenis 124-100.

Komandan Landasan Udara (Danlanud) Sultan Hasanuddin, Marsekal Pertama Agus Supriatna mengatakan, kehadiran pesawat itu menggenapkan jumlah Sukhoi yang ada di Lanud Hasanuddin menjadi 10 buah.

"Pesawat Sukhoi hanya ada di Lanud Sultan Hasanuddin. Ada jenis single seat dan ada jenis double seat. Akan dimanfaatkan untuk latihan TNI Angkatan Udara di daerah ini," kata Agus kepada wartawan di Lanud Hasanuddin, Makassar.

Menurut Agus, proses perakitan Sukhoi ini akan memakan waktu selama tiga hari. Setelah itu akan diuji coba penggunaannya. "Kalau sudah bagus semua maka akan dilakukan penyerahan resmi dari pabrik Rusia ke Menteri Pertahanan lalu ke Panglima TNI dilanjutkan ke Panglima TNI-AU, "jelasnya.

Agus menambahkan, dua pesawat Sukhoi yang tiba pada 10 september lalu akan segera melakukan uji terbang pagi hari ini. Menurutnya, jika uji coba itu berhasil maka dapat memperlancar penyerahan resmi Sukhoi yang direncanakan akhir September 2010 mendatang.

Selain itu kata Agus, tiga orang pengganti tim teknisi yang meninggal dunia ikut dalam penerbangan Antonov tersebut. "Kami belum dapat memberikan keterangan reseminya. Yang pasti pengganti tim warranty sukhoi sudah datang dan siap bekerja, "pungkasnya.

Pantauan okezone di lapangan, pesawat Antonov yang membawa Sukhoi ke-sepuluh ini tiba pukul 20.40 Wita. Pesawat berbadan lebar yang terbang delapan jam dari Rusia tersebut langsung membongkar muatannya di pangkalan Lanud Sultan Hasanuddin.

Para petugas Lanud yang sudah siaga beberapa jam sebelumnya langsung bergantian memasuki badan pesawat berbadan lebar itu. Mereka menurunkan kotak-kotak suku cadang Sukhoi untuk dibawa ke tempat yang telah disiapkan. (fer)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ducati Langka Ini Dibanderol Rp18 jutaan