Intip Koleksi Mobil Sultan Brunei

|

Ferrari Mythos (Ist)

Intip Koleksi Mobil Sultan Brunei
BRUNEI DARUSSALAM- Jika Anda menjadi Sultan Hassanal Bolkiah, tentu Anda tidak akan pusing untuk pergi ke mana-mana.

Harian automotif GTSpirit beberapa waktu lalu menulis, Sultan Brunei Darussalam itu memiliki 7.000 mobil yang semuanya disimpan di lima garasi raksasa dekat istana kerajaan. Harian tersebut bahkan mengatakan, koleksi Sultan itu nilainya mencapai triliun rupiah.

Koleksi sang raja bukan sembarang mobil. Jenisnya beragam. Kriterianya adalah paling mahal, paling indah, paling jarang, paling cepat, dan paling unik.

Dia memiliki Bugatti Veyron yang merupakan mobil termahal dunia saat ini. Harganya sekitar Rp20 miliar. Tidak hanya termahal, Veyron juga menjadi mobil tercepat 2010 versi Super Cars.

Dia juga memiliki enam Ferrari model FX, Bentley Continental R, Porsche Carma, Koenigsegg Agera CC GT, dua mobil konsep Ferrari Mythos, dan Mercedes-Benz CLK-GTR yang diproduksi khusus untuk Sultan.

Sultan Brunei ke-29 ini juga pencinta balap mobil. Dia bahkan memiliki museum pribadi yang mengoleksi mobil-mobil Formula One yang menjuarai ajang balap itu sejak 1980. Dia membelinya dari tim-tim pemenang, termasuk FW19 yang dikendarai Velleneuve saat bertabrakan dengan Michael Schumacher pada 1977.

Garasi Sultan Bolkiah, menurut catatan harian Inggris, The Daily Mirror, 30 Juni 2010, memiliki 604 Rolls Royce,574 Mercedes, 452 Ferrari, 382 Bentleys, 209 BMW, 179 Jaguar, 134 Koenigseggs, 21 Lamborghini, 11 Aston Martins,dan 1 SSC.Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan pada 2007.

Saat itu Daily Mirror juga menurunkan berita bahwa Sultan memiliki 531 Mercedes, 367 Ferrari, 362 Bentley, 185 BMWs, 177 Jaguar, 160 Porsche, 130 Rolls- Royce,dan 20 Lamborghini. Namun,itu bukan hal yang luar biasa karena dengan kekayaannya itu tentu Sultan Hassanal Bolkiah mampu membeli mobil apa pun di dunia ini.

Yang luar biasa adalah jika diandaikan satu hari Sultan mengendarai satu mobil, maka dia membutuhkan waktu hampir 20 tahun untuk mengendarai semua mobil yang ia miliki tersebut. (uky)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Danjen Harus Bikin Kopassus Lebih Humanis