Vanbelt Yaris Bunyi Berdecit

|

Pertanyaan:

Mobil saya Toyota Yaris tahun 2007. Saya mengalami masalah di vanbelt yang selalu berdecit saat mobil pertama di stater. Bunyi bahkan semakin kencang begitu AC dinyalakan meskipun hilang setelah beberapa detik tetapi sangat mengganggu bisingnya.

Bagaimana cara menghilangkan bunyi tersebut, apakah kondisi mobil akan terpengaruh? Saya sudah mencoba berbagai cara mulai dari liquid silicone spray untuk vanbelt dan memberikan gemuk, tapi itu tidak memberikan hasil untuk menghilangkan bunyi berdecit tersebut.

Terima kasih

Wibowo, Jakarta Barat

Jawaban:

Bunyi belt berdecit menandakan adanya selip antara belt dan puli. Nah saat AC dinyalakan beban puli bertambah, yang membuat selip akan semakin besar. Ada 2 penyebab utama selipnya belt terhadap puli, yakni kelembaban karet belt berkurang sehingga kering dan makin licin atau kekencangan tegangan belt terhadap puli kurang.

Bila yang terjadi adalah berkurangnya kelembaban belt, maka cara yang ANda lakukan bisa menolong selama kondisinya belum begitu parah. Tapi ada satu titik di mana belt sudah tidak bisa lagi dikembalikan kelembaban dan kelenturannya. Untuk itu Anda harus segera mengganti belt baru.

Namun jika kondisi belt masih bagus, berarti tegangan belt mesti ditambah. Untuk melakukan ini Anda sebaiknya datang ke bengkel resmi, karena merekalah yang tau persis seberapa kencang belt harus ditegangkan.

(uky)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Konsultasi TOP 1

      Bubut Rem Depan Innova

      Mobil saya Toyota Kijang Innova tahun 2009. Pada waktu pengereman, bagian depan mobil saya bunyi berdencit. Setelah saya cek ternyata piringan cakram sudah termakan karena terlambat diganti kampas remnya. Apakah solusi dari masalah mobil saya ini biar bagus lagi?

    Baca Juga

    UB Borong Juara di Kompetisi Jembatan & Bangunan