Fakultas Geografi Masih Perlu Diperbanyak

|

Image : Corbis.com

Fakultas Geografi Masih Perlu Diperbanyak

YOGYAKARTA - Indonesia masih kekurangan ilmuan Geografi. Padahal permintaan tenaga profesional yang menguasai bidang ilmu Geografi ini masih cukup tinggi.

Sedikitnya jumlah ilmuan Geografi ini disebabkan lulusan Geografi di Indonesia hanya berasal dari dua perguruan tinggi, UGM dan Universitas Muhammadiyah Surakarta dan 31 Pergurruan tinggi yang memiliki jurusan Geografi.

“Akibatnya bidang keahlian yang seharusnya terisi oleh ilmuan Geografi tidak bisa dipenuhi, karena tingginya permintaan. Untuk memenuhinya, butuh upaya khusus dengan membuka prodi dan fakultas Geografi baru agar kebutuhan tenaga profesional terpenuhi,” kata Dr. Muhammad Dimyati, Ketua Ikatan Geografi Gadjah Mada (Igegama), di sela-sela kegiatan kongres dan seminar internasional di bidang pemetaan,di UGM baru-baru ini.

Dimyati memperkirakan, saat ini kebutuhan ilmuwan Geografi mencapai 29 ribu. Sementara jumlah lulusan masih cukup sedikit. Untuk bisa memenuhi jumlah tersebut setidaknya diperlukan waktu kurang lebih 25 tahun.

“Harus ada cara lain untuk mencetak tenaga profesional, agar seimbang antara permintaan dan output perguruan tinggi,” kata alumni fakultas Geografi UGM ini yang lulus tahun 1982 ini.

Untuk menambah kebutuhan ahli Geografi, Dimyati  menyarankan pemerintah mmeberikan rekomendasi ke perguruan tinggi yang ada untuk membuka jurusan atau fakultas Geografi baru. Apresiasi masyarakat terhadap Geografi bisa ditingkatkan dengan memperbesar kuota jumlah mahasiswa di perguruan tinggi.

Guna memperbaiki kondisi maka program studi Geografi di perguruan tinggi juga harus menyamakan kompetensi lulusan, termasuk pembahasan kurikulum Geografi dan memperjelas bidang-bidang kompetensi Geografi yang harus dikuasai.

Pemberian pelajaran Geografi bisa diberikan pada tingkat lebih awal sejak SD dan SMA. Harapannya pengajaran Geografi butuh kesinambungan sebelum pada tingkatan pendidikan tinggi bisa memperbesar daya tampung dan kapasitas kuota mahasiswa yang memperdalam ilmu Geografi.

Dekan Fakultas Geografi Prof. Dr. Suratman, menyampaikan Indonesia membutuhkan banyak geograf untuk mengeksplorasi potensi sumber daya alam. Dia menyebutkan lima kompetensi yang harus dikuasai oleh ahli Geografi, yaitu menguasai pemahaman hubungan alam dengan kehidupan sosial, sumberdaya dan wilayah, pelestarian pengelolaan lingkungan hidup, mitigasi bencana, dan sistem informasi Geografi.

 "Terakhir soal keahlian bidang sistem informasi Geografis yang bisa jadi usaha mandiri. Bagaimana wawasan spasial dapat memberikan nilai untuk wawasan kebangsaan, kewilayahan dan kewirausahaan," kata Suratman.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Marwan Ja'far Keluarkan Lima Peraturan Perdesaan