Merapi Aktif Lagi, Tim Evakuasi Diminta Turun

Merapi tampak dari objek wisata Kaliadem, Yogyakarta (Foto: Koran SI)

Merapi Aktif Lagi, Tim Evakuasi Diminta Turun
SLEMAN - Sejumlah relawan dan tim evakuasi korban erupsi Gunung Merapi yang masih berada di Dukuh Kinahrejo, Cangkringan, Kabupeten Sleman diminta secepatnya turun. Kabar yang beredar, aktivitas vulkanik Merapi kembali meningkat.

Terhitung sejak pukul 12.00 WIB siang ini, seluruh tim ditarik ke posko pengungsian. Menurut Koordinator Penanganan Bencana Merapi, Makwan, penarikan dilakukan karena dipastikan sudah tidak ada lagi korban di sekitar kediaman Mbah Maridjan ini.

“Proses evakuasi sudah selesai dan akan dilanjutkan besok,” katanya kepada Wartawan, Rabu (27/10/2010).

Ditanya soal kembali aktifnya aktivitas vulkanik Gunung berketinggian 2.942 meter dpl itu sehingga dikhawatirkan membayakan tim evakuasi, Makwan menolak berkomentar. “Saya tidak berhak bicara, silakan tanya BPPTK,” imbuhnya.

Sejumlah wartawan yang berniat ikut dengan relawan juga diminta mengurungkan niatnya. Kawasan Dukuh Kinahrejo diminta agar dikosongkan, mulai siang ini.

Akses menuju Kinahrejo mulai dari Kantor Kelurahan Umbulharjo sampai titik pengungsian Kinahrejo juga ditutup dan dijaga aparat.

Namun, Petugas Sentra Komunikasi Kepolisian di Posko Penangan Bencana di Kecamatan Pakem, mengamini kabar tersebut. “Ya benar. Aktivitas Gunung Merapi meningkat sehingga petugas evakuasi diminta turun dan dilanjutkan besok,” kata Sulton, salah petugas.
 
Hal ini, kata dia, dilakukan untuk mengantisipasi adanya erupsi lanjutan dari gunung teraktif di Indonesia itu.

(ded)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Video Mesum Resahkan Warga Prabumulih