Des Alwi, Tokoh Banda yang Jago Lobi

|

Des Alwi dan Presiden SBY (Foto: presidensby.info)

Des Alwi, Tokoh Banda yang Jago Lobi
JAKARTA - Indonesia kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya. Tokoh nasional, sejarawan sekaligus pelaku sejarah yang sangat piawai berdiplomasi, Des Alwi Abubakar, wafat dalam usia 84 tahun.

Des Alwi Abubakar lahir 17 November 1927 di Desa Nusantara, Naira, sebuah pulau kecil di Kepulauan Banda, Maluku. Des Alwi merupakan cucu dari Said Baadilla yang terkenal sebagai pebisnis ulung dari Banda yang dijuluki Raja Mutiara.

Ayahnya bernama Alwi, asal Ternate dan masih keturunan Sultan Palembang yang dibuang ke Banda. Sang ibu bernama Halijah Baadilla, anak perempuan dari Said Baadilla.

Direktur Utama PT Avisarti Film Corporation ini, dikenal banyak mengoleksi dokumen sejarah yang tidak dimiliki negara. Dalam perjalanan hidupnya, beliau kerap berkeliling dunia hanya untuk mengumpulkan data-data dan catatan sejarah.

Tokoh Banda ini juga menjadi saksi hidup peristiwa terbunuhnya Jenderal Mallaby di Surabaya. Mallaby tewas pada 30 Oktober 1945 sekira pukul 20.30 WIB dalam baku tembak dengan pejuang Indonesia. Namun hingga kini misteri siapa pemuda yang menembak Mallaby dengan pistolnya belum terungkap.

Akibat pertempuran yang menewaskan 12.000 rakyat Indonesia dan 1.400 pasukan Inggris kala itu, di tubuh Des Alwi sempat terpendam sisa-sisa perang yakni pecahan granat, peluru di kaki kiri dan di bagian belakang tubuh, sebelum menjalani operasi di luar negeri.

Anak angkat dari mantan Wakil Presiden Muhammad Hatta dan mantan Perdana Menteri Sjahrir ini dikenal piawai dalam berdiplomasi. Karena kepiawaian itu, sebagian orang menjulukinya pelobi tingkat tinggi. Keahliannya itu tak lain didapat dari hasil bergaul dengan tokoh-tokoh tahanan politik yang dibuang ke Banda.

Tak heran, penerima Bintang Mahaputra Pratama ini berjasa dalam merekam jejak sejarah kemerdekaan Republik Indonesia dalam bentuk film atau naskah. (ram)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ditinggal Pacar, Remaja Ini Nekat Ingin Akhir Hidup