Pria Bersenjata Tembak Mati 3 Muslim

|

Foto: Ilustrasi

Pria Bersenjata Tembak Mati 3 Muslim

YALA - Kepolisian Thailand melaporkan sekelompok pria bersenjata telah membunuh tiga warga Muslim Thailand di bagian selatan Thailand pada Rabu, 24 November. Mereka ditembak tidak lama setelah bertemu para pejabat militer di markas tentara.

Lebih dari 4.300 orang, baik warga Muslim ataupun Buddha, telah terbunuh di daerah pedalaman tersebut, yang juga merupakan wilayah perbatasan antara Thailand dengan Malaysia. Dalam enam tahun terakhir, wilayah ini diduga sebagai tempat persembunyian kelompok separatis Muslim.

"Sekelompok pria bersenjata secara tiba-tiba menyergap mobil yang ditumpangi ketiga Muslim. Mereka terdiri dari seorang guru agama dan dua orang politisi Muslim di provinsi Narathiwat," sebut Mayor Kolonel Polisi Chaitat Intanoojit.

"Ketiga orang yang terbunuh adalah pria, yang baru selesai menghadiri sebuah pertemuan rutin dengan para pejabat militer di markas tentara," lanjutnya.

Pihak kepolisian menduga kelompok separatis Muslim berada di balik serangan ini, walaupun sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab.

Provinsi Pattani, Yala and Narathiwat dahulu kala merupakan wilayah dari kesultanan Muslim sebelum dianeksasi sekira satu abad lalu oleh Thailand, yang warganya sebagian besar beragama Buddha. Saat ini, sekira 80 persen penduduk yang tinggal di daerah miskin Thailand tersebut adalah Muslim yang berbicara menggunakan dialek Melayu.

Bentuk kekerasan yang terjadi bervariasi, mulai dari penembakan, pengeboman, bahkan pemenggalan kepala. Target yang diincar seringkali adalah warga Buddha atau warga Muslim yang terkait dengan pemerintahan Thailand, seperti polisi, tentara, pejabat pemerintahan dan guru.

(fmh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Polisi Temukan Titik Terang Kasus Penusukan di Australia