Motor Balap Bermesin Listrik Tercanggih di Dunia

Foto: Visordown

Motor Balap Bermesin Listrik Tercanggih di Dunia
LOS ANGELES- Teknologi akan sepeda motor listrik kini memungkinkan dibangunnya satu kendaraan bertenaga listrik tapi memiliki kekuatan layaknya motor bermesin konvensional.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan US Zero Emission yang meluncurkan motor listrik terbaru mereka Mission R.

"Mission R merupakan sepeda motor listrik balap paling canggih di dunia," sebut perusahaan seperti dilansir Visordown, Senin (20/12/2010).

Apa yang diklaim perusahaan mungkin tak sekedar isapan jempol belaka. Mengingat motor lsitrik yang dijejalkan pada kuda besi ini mampu menyemburkan tenaga hingga 140 bhp dengan torsi puncak mencapai 115 lb-gt.

Dari hasil pengujian perusahaan, motor tanpa emisi gas buang tersebut bisa lari dengan kecepatan tertinggi mencapai 257,5 km/jam. Sebuah catatan kecepatan yang selama ini bisa didapat dari superbike bermesin 1.000 cc ke atas.

Selain kecepatan yang luar biasa, motor ini memiliki sistem pengendalian Vehicle Management System yang bisa diakses melalui koneksi WiFi atau 3G. Sistem pengendalian ini bisa mengatur mekanisme pengereman regeneratif, throttle maps, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan mekanisme motor itu sendiri.

Menggunakan sistem pendinginan cair dengan 3 phase AC induction, motor listrik ini hanya memiliki single gear.

Bodi motor yang memakai bahan aluminium ditopang dengan kaki-kaki Ohlins FGR-000 TTX25 Gas Carged Adjustable preload di bagian depan dan Ohlins TTX36 single sided adjustable preload pada bagian belakangnya.

Suspensi khas motor balap itu mengikat erat pelek 17 inci 10-spoke berbahan magnesium yang menggunakan ban berukuran 120/70 dan 190/60.

Karena kemampuannya yang setara motor-motor balap bermesin konvensional, Mission R dibekali perangkat penghenti laju double disk brake keluaran Brembo dibagian depan dan single disk brake pada ban belakangnya.

Pihak perusahaan belum mengumumkan kapan motor balap bermesin listrik ini mulai tersedia untuk umum dan berapa banderol yang dipatok. (uky)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Dibawa Kabur Pacar, Siswi SMA Disiksa & Disetubuhi