Industri Ban Diprediksi Tumbuh 10-15%

Kamis, 20 Januari 2011 14:54 wib | Idris Rusadi Putra - Okezone

Ilustrasi. Foto: Corbis Ilustrasi. Foto: Corbis JAKARTA - Industri ban nasional diprediksikan akan tumbuh sekira 10-15 persen. Dengan berinvestasinya produsen ban asal Korea Selatan, Hankook, di Indonesia diharapkan dapat membantu menguatkan industri ban dalam negeri.

"Industri ban diprediksikan tumbuh 10-15 persen. Investasi Hankook di Indonesia dapat memicu dan menguatkan industri ban nasional. Pemerintah sangat mendukung," ujar Menteri Perindustrian MS Hidayat, di Gedung BKPM, Jakarta, Kamis (20/1/2011).

Kendati demikian, ke depannya pemerintah juga mempunyai beberapa tantangan dalam industri ban nasional, di antaranya setelah diberlakukannya ASEAN China Free Trade, sehingga harus bersaing secara kondusif. Mulai dari bahan baku sampai produksi.

Adapun untuk mengantisipasinya, upaya pertama yang dilakukan pemerintah untuk menekan ASEAN China Free Trade adalah dengan mengimplementasikan peraturan penetapan Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Upaya yang kita lakukan adalah implementasi peraturan nomor 5 tahun 95 penetapan SNI sejak 1 April 2006 yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing industri nasional. Di samping untuk melindungi pengendara," pungkasnya. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »