SBY: Jumlah Pengangguran Saat Ini 8,32 Juta Jiwa

SBY: Jumlah Pengangguran Saat Ini 8,32 Juta Jiwa
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) mengatakan, jumlah penganguran di Indonesia saat ini sebanyak 8,32 juta jiwa. Untuk memastikan jumlah tersebut, SBY pun sempat menelpon Kepala BPS (Badan Pusat Statistik).

"Pengangguran kita sekarang sebanyak 8,32 juta jiwa atau 7,14 persen. Itu dari hasil sensus BPS. Tadi malam saya telpon lagi kepala BPS, jadi ini benar bukan kebohongan. Yang hitung bukan saya tapi BPS," ucapnya di UKM Convention Center, Smesco, Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa, (2/2/2011).

Penduduk Indonesia saat ini mencapai 237,8 juta. Angkatan kerja sebanyak 116,5 juta, kesempatan kerja sebanyak 108,2 juta, sedangkan sisanya adalah masyarakat yang belum mendapat pekerjaan.

"Bicara pengangguran tak hanya terjadi di Indonesia. Di negara mana pun ada pengangguran. Bahkan sejak krisis 2008 lalu banyak negara yang tingkat penganggurannya lebih tingi dari Indonesia," paparnya.

Dia berharap, masyarakat dapat terus bekerja keras untuk membuka lapangan kerja baru. Hal ini juga menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah.

SBY berharap masyarakat dapat berusaha sendiri melalui koperasi usaha kecil dan menengah dan menjadi wirausha yang dapat menciptakan produk pasar yang baru. “Kalau kita rasional dan cerdas mengapa tidak kita ciptakan lapangan kerja baru. Disinilah positifnya kewirausahaan,” tandasnya.

"Masih terbuka peluang dan kesempatan bagi wirausaha dan calon wirausaha. Negara punya sumber daya alam yang besar dibanding negara tetangga,” tutupnya.
(teb)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    1.000 Pemuda Syukuran di Tugu Proklamasi